Piodalan
Sekda Wayan Adi Arnawa menghadiri piodalan di Pura Dalem Babakan Ulun Uma, Desa Adat Gulingan, Rabu (25/1/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung, menghadiri acara piodalan di Pura Dalem Babakan Ulun Uma, Desa Adat Gulingan, Rabu (25/1/2023). Piodalan ini dipuput oleh Jero Mangku Dalem Lingsir, I Wayan Kayun. Piodalan ini juga dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ida Bagus Gede Arjana, Perbekel Gulingan, I Ketut Winarya, Wakil Bendesa Gulingan, I Nyoman Wahyudi Putra, Tokoh Masyarakat setempat, I Made Rai Wirata, beserta para pemedek setempat.

Dalam sambrama wacananya, Sekda Adi Arnawa mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung melalui kepemimpinan Bapak Bupati Badung berkomitmen untuk hadir di tengah-tengah masyarakat dalam hal ini untuk meringankan beban masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Badung. Di samping itu, Sekda Adi Arnawa mengapresiasi atas terlaksananya upacara piodalan di Pura Dalem Babakan Ulun Uma, Desa Adat Gulingan.

Baca Juga :  UKESMA UGM Gelar Aksi Donor Darah

“Melalui Upacara Piodalan ini sebagai ini wujud sradha bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, semoga acara ini berjalan dengan baik, lancar, labda karya sida-sidaning don. Apa yang disampaikan oleh Kelian Pura tadi agar segera menyiapkan proposal. Terkait pembebasan lahan agar tetap mengacu kepada nilai appraisal. Kepada pemaksan disini agar segera mengajukan proposal dari bulan Maret sampai Mei, agar dapat dibantu di anggaran perubahan,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Adi Arnawa menyerahkan dana aci sebesar Rp50 juta kepada Kelian Pura, I Made Sutarma disaksikan oleh para pemedek setempat.

Baca Juga :  Unpad Terima Penghargaan dalam Program Pencetakan Seratus Ribu Wirausaha Baru Jabar

Sementara itu Kelian Pura, I Made Sutarma dalam sambutanya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Sekda yang telah membantu terlaksananya upacara piodalan ini. Dijelaskan bahwa Pura Dalem Babakan Ulun Uma Gulingan ini, di empon sebanyak 4 (empat) Banjar, dengan warga sebanyak 420 KK. Piodalan ini dilaksanakan enam bulan sekali. Enam bulan yang akan datang baru dilaksanakan piodalan ageng yang akan dilaksanakan tiga hari, yang tertuang di dalam pararem.

“Upacara piodalan ini dilaksanakan dari jam satu siang, Ida Bhatara lunga ke Pura Beji Saraswati di pancoran solas, dilanjutkan dengan menghaturkan piodalan sampai jam tiga sore. Saya selaku kelian pemaksan mengucapkan terima kasih apa yang selama ini diberikan oleh pemerintah daerah. di Tahun 2019 sudah dilaksanakan upacara menawa ratna sekaligus peresmian prasasti yang ditandatangani oleh Bapak Bupati Badung, dimana sudah dibantu oleh Pemerintah Kabupaten Badung sebesar Rp1,7 miliar. Kedepan kami dari pemaksan memiliki program Pura Dalem Ulun Uma Gulingan ini kekurangan jimbar, ke utara adanya pembebasan lahan tanah seluas 10 are yang akan dibangun Balai Serbaguna, untuk proposalnya perencanaan sudah dibuat, untuk mendapatkan hibah atau BKK di anggaran perubahan Tahun 2023,” terangnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini