Bupati Tamba
Pimpin Bhakti Penganyar, Bupati Tamba Doakan Kesejahteraan dan Keselamatan Umat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Pemerintah Kabupaten Jembrana melaksanakan bhakti penganyar serangkaian pujawali di Pura Agung Blambangan yang terletak di Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi pada rahina Manis Kuningan, Minggu (15/1/2023).

Adapun puncak pujawali di pura Agung Blambangan tersebut jatuh setiap 6 bulan sekali atau tepatnya pada hari raya Kuningan.

Bhakti penganyar Pemkab Jembrana dihadiri langsung oleh Bupati Jembrana, I Nengah Tamba bersama Wabup, I.G.N Patriana Krisna serta Kepala OPD di lingkungan Pemkab Jembrana.

Dalam bhakti penganyar yang dipuput oleh Ida Pedanda Rsi Agung Pinatih Kusuma Yoga dari Griya Kertha Yoga Talikup, Gianyar, persembahyangan tersebut berlangsung dengan lancar dan khidmat.

Baca Juga :  Temui Menparekraf, Bupati Tamba Rancang Festival Jembrana Bahagia

Usai melaksanakan persembahyangan bersama, Bupati Tamba mengatakan, bahwa dalam melaksanakan kegiatan spiritual baik secara sekala dan niskala harus tetap seimbang. Untuk itu, pihaknya meyakini bahwa kekuatan dunia niskala spritual itu tetap dibutuhkan kepada kita semua.

“Apalagi saya sebagai pemimpin di Jembrana saya harus tetap dengan petunjuk beliau dan merasa juga dalam kegiatan sehari-hari digerakkan dibantu oleh Ida Sang Hyang Widhi Wasa,” ungkap Bupati asal desa Kaliakah.

Bupati Tamba juga menjelaskan, pelaksanaan Bhakti Penganyar ini merupakan wujud bakti dan penghormatan terhadap Ida Bhatara-Bhatari yang berstana di Pura Agung Blambangan, sekaligus memohon keselamatan serta kesejahteraan alam semesta.

“Kita bersama-sama memohon kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa khususnya Ida Bhatara-Bhatari yang berstana di Pura Agung Blambangan agar menganugerahkan keselamatan dan kesejahteraan bagi umat semuanya baik itu di Jembrana maupun Bali pada umumnya,” ujarnya.

Sementara Ketua Panitia Pujawali, Susanto menyampaikan, ucapan terimakasih atas kehadiran orang nomor satu di Jembrana beserta seluruh rombongan untuk melaksanakan agenda rutin bhakti penganyar di Pura Agung Blambangan ini.

“Puncak pujawali Ida Bhatara sudah dilangsungkan kemarin, bertepatan rahina Kuningan dan nyejer selama 3 hari, sampai dengan hari selasa (17/1/2023) dilaksanakan panyineban,” tandasnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News