siwa ratri unud
Universitas Udayana Gelar Persembahyangan Bersama. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Perayaan Hari Siwaratri di Universitas Udayana (Unud) dilaksanakan di Pura Maha Widya Saraswati Kampus Jimbaran, Jumat (20/1/2023) malam.

Kegiatan yang diisi dengan persembahyangan bersama ini dihadiri oleh Rektor, Para Wakil Rektor, Ketua Senat, Para Kepala Biro, Para Ketua dan Sekretaris Lembaga, Para Pimpinan Fakultas dan Pascasarjana, Pimpinan unit kerja di lingkungan Unud, Dharma Wanita Persatuan, Suka Duka Dharma Kanti dan perwakilan FPMHD Unud.

Hari Raya Siwaratri dilaksanakan setiap purwaning tilem sasih kepitu yang tahun ini jatuh pada tanggal 20 Januari 2023. Hari Siwaratri sendiri merupakan hari suci yang digelar dalam rangka pemujaan terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasi-Nya sebagai Dewa Siwa.

Siwaratri berasal dari dua kata yakni Siwa berarti baik hati, suka memaafkan, memberi harapan dan membahagiakan, sementara Ratri artinya malam atau dapat juga diartikan kegelapan. Jadi Siwaratri dapat diartikan sebagai malam pelebur kegelapan dalam diri dan hati untuk menuju jalan yang lebih terang.

Baca Juga :  HIMANIKA Unud Sukses Menggelar Acara Puncak Seminar Nasional Communication Events 2022

Kisah Lubdaka menjadi satu cerita yang tak terlepas dari Hari Siwaratri yang dikarang oleh Mpu Tanakung. Sesungguhnya Siwaratri merupakan malam perenungan dosa, bukan peleburan dosa. Pada saat inilah Dewa Siwa bersemedi, sehingga ini juga menjadi hari yang baik bagi umatnya untuk melakukan hal yang sama sembari merenungi diri dan melakukan pemujaan kepada Dewa Siwa.

Perayaan Siwaratri di Unud diakhiri dengan persembahyangan bersama menjelang tengah malam yang dipimpin Jero Pemangku Pura Maha Widya Saraswati. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini