fpar unud
Pengembangan Wisata Gastronomi di Kawasan Wisata Kota Mataram Mengantarkan Suteja Menyandang Gelar Doktor. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Fakultas Pariwisata Universitas Udayana kembali melahirkan doktor pariwisata baru, ditandai dengan tuntasnya Sidang Ujian Terbuka Promosi Doktor untuk promovendus I Wayan Suteja, S.Par., M.Par.

Sidang tersebut digelar secara tatap muka di Ruang Sidang Lantai 3, Gedung Pascasarjana Kampus Unud Sudirman, Kota Denpasar, Rabu (18/1/2023).

Sidang dipimpin langsung oleh Wakil Dekan I Fakultas Pariwisata Unud, Dr. I Nyoman Sukma Arida, S.Si., M.Si selaku Ketua Sidang, bersama Prof. Drs. I Nyoman Sunarta (Promotor), Dr. I Wayan Suardana, SST. Par., M.Par (Ko-Promotor 1) serta Dr. I Made Suyasa, M.Hum (Ko-Promotor 2), hadir pula Prof. Dr. Made Budiarsa, MA., Dr. I Nyoman Sudiarta, SE.,M.Par., Gde Indra Bhaskara, M.Sc.,Ph.D., Dr. Putu Sucita Yanthy, SS.,M.Par. dan Dr. Yohanes Kristianto, S.Pd.,M.Hum.

Di hadapan dewan penguji, promovendus mempertahankan disertasinya yang berjudul ‘Pengembangan Wisata Gastronomi di Kawasan Wisata Kota Mataram’.

Baca Juga :  Implementasi Kerja Sama dengan Dunia Perbankan, Unud dan Bank BWS Gelar Workshop

Melalui penelitian tersebut, Suteja berharap dapat mengembangkan potensi wisata gastronomi di Kota Mataram yang erat kaitannya dengan budaya masyarakat lokal setempat.

Hasil analisis penelitian Suteja menunjukkan bahwa sumber daya gastronomi di Kawasan Wisata Kota Mataram terdiri dari jenis hidangan lokal, fasilitas wisata, aktivitas wisata dan juga unsur sumber daya manusia dalam bentuk organisasi kepariwisataan.

“Unsur stakeholder pariwisata yang berperan terdiri dari unsur masyarakat sebagai penyedia sumber daya, pemerintah sebagai pemegang kebijakan, asosiasi dan kelompok sadar wisata sebagai pengelolaan dan menggerakkan unsur pelaku pariswisata dan lembaga pendidikan berperan dalam peningkatan SDM,” terangnya.

Berdasarkan atas hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan wisata gastronomi di Kawasan Wisata Kota Mataram dapat dilakukan dengan memanfaatkan kreativitas dan sumber daya lokal dengan penyelenggaraan berbasis pada kolaborasi dan kerja sama unsur stakeholder pariwisata.

I Wayan Suteja, S.Par., M.Par merupakan alumni Prodi S1 Destinasi Pariwisata Universitas Udayana lulusan tahun 2014. Suteja menyelesaikan Studi Pascasarjana di kampus yang sama pada tahun 2023. Menyandang predikat doktor ke 90 di lingkungan program studi Doktor Fakultas Pariwisata Universitas Udayana, Suteja mengucapkan banyak terima kasih kepada Universitas Udayana karena sudah menjadi wadahnya untuk menuntut ilmu hingga meraih gelar yang dimilki saat ini. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini