Desa Wanagiri
Tim BPBD Kabupaten Buleleng bersama warga saat membersihkan material pohon tumbang di Jalan Wanagiri-Munduk, Banjar Dinas Bhuanasari, Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Buleleng. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG  – Pohon seming dengan diameter kurang lebih 150 centimeter yang ada di Jalan Wanagiri-Munduk, Banjar Dinas Bhuanasari, Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Buleleng tumbang, satu pemotor tertimpa ujung dahan saat melintas, pada Jumat (27/1/2023) sekitar pukul 10.30 WITA.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng Putu Ariadi Pribadi membenarkan adanya peristiwa tersebut, dimana seorang pemotor mio dengan nomor polisi DK 2784 UZ bernama Marsini (45) kala itu melintas di jalan tersebut dari arah timur menuju ke barat.

Kemudian saat di lokasi kejadian, pohon seming tersebut tiba-tiba tumbang. Pemotor pun tidak bisa menghindar sehingga ujung dahan pohon tersebut menimpanya hingga terjatuh. Beruntung saat itu korban dibantu warga sekitar dan dilarikan ke Puskesmas Sukasada II.

“Saat itu korban tengah melintas dijalan tersebut, namun karena kondisi akar dan batang pohon sudah lapuk jadi kebetulan saat itu tumbang dan menimpa pemotor,” ucap Kepala BPBD Kabupaten Buleleng, Putu Ariadi Pribadi.

Baca Juga :  Fokus Peningkatan Kinerja Pemdes, Pemkab Buleleng Gelar Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2024

Sementara itu, Ariadi Pribadi menyebut pohon seming tersebut tumbang karena kondisi akar dan batang pohon tersebut sudah lapuk. Selain itu tim reaksi cepat penanggulangan bencana (TRC-PB) Regu II BPBD Kabupaten Buleleng langsung bergegas menuju ke lokasi kejadian untuk membantu proses evakuasi dengan membawa dua buah chainsaw besar, dua buah chainsaw sedang, satu buah chainsaw kecil, satu kotak peralatan, linggis, serta peralatan penunjang lainnya.

“Setelah mendapat informasi adanya pohon tumbang ini, TRC-PB regu II langsung menuju ke lokasi dengan membawa peralatan yang diperlukan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Lomba Baleganjur HUT Ke-420 Kota Singaraja Pukau Ribuan Penonton

Proses evakuasi juga dibantu oleh Perbekel Desa Wanagiri, Kelian Banjar Dinas Bhuanasari, Anggota BKSDA Provinsi Bali wilayah Kabupaten Buleleng, petugas PLN Kabupaten Buleleng dan warga sekitar. Hingga akhirnya setelah kurang lebih dua jam penanganan, pohon seming tersebut bisa dievakuasi.

“Proses evakuasi juga dibantu beberapa pihak dan warga sekitar. Akhirnya setelah beberapa waktu pohon seming itu bisa dievakuasi dan akses jalan bisa dilalui lagi,” jelas Ariadi.

Disamping itu pemotor asal Banjar Dinas Asah Gobleg, Desa Gobleg, Kecamatan Banjar, Buleleng, yang menjadi korban peristiwa ini hanya mengalami syok dan mengeluhkan sakit pada bagian perut hingga bagian pinggang dan kini telah diperbolehkan pulang.(dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News