rs unud
RS Unud Sediakan Layanan ESWL. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Rumah Sakit Universitas Udayana selalu berusaha memberi pelayanan terbaik bagi kesehatan masyarakat. Pada bulan Januari 2023, RS UNUD melakukan penambahan fasilitas layanan dengan menyediakan Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL). ESWL merupakan pelaksanaan non-operatif atau tanpa operasi untuk memecahkan batu ginjal dengan menggunakan gelombang kejut (shock wave).

Tindakan ESWL dapat dilakukan di RS UNUD dibantu oleh Dokter Spesialis Urologi yaitu dr. Ida Bagus Putra Pramana, Sp.U dan dr. Pande Made Wisnu Tirtayasa, Sp.U(K), Ph.D. Menurut dr. Pramana Putra bahwa proses ESWL dilakukan tanpa pembedahan dengan nyeri yang minimal dan tidak ada alat yang dimasukkan ke dalam tubuh.

Baca Juga :  Dewan Perwakilan Mahasiswa FMIPA Unud Gelar Jumpa Dekanat FMIPA 2022

Namun batu ginjal akan pecah menjadi pecahan yang kecil, sehingga dapat keluar sendiri saat pasien buang air kecil. Dr. Pande Wisnu menambahkan tindakan ESWL umumnya dilakukan pada pasien dengan indikasi batu ginjal berukuran <2cm dan tidak ada sumbatan di daerah distal batu.

Saat ini, layanan ESWL di RS UNUD telah melayani pasien umum, pasien dengan asuransi, hingga pasien BPJS yang memerlukan penanganan batu ginjal dan batu ureter. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini