fk unud
Pelatihan Soft Skill Peserta Didik Program Studi Spesalis FK Unud. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Unit Koordinasi Pelaksana Pendidikan Profesi (KP3) bersama Komite Koordinator Pendidikan (Komkordik) FK Unud/RSUP Prof.Ngoerah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Soft Skill bagi Peserta Didik Program Studi Spesalis Fakultas Kedokteran Universitas Udayana semester genap tahun ajaran 2022/2023.

Sebagai seorang dokter, hard skill bukan hanya satu-satunya kemampuan yang perlu diasah, namun juga soft skill. Soft skill menjadi hal yang esensial dan penting bagi kehidupan kita sehari-hari, yang ditunjukkan melalui kemampuan interpersonal dan intrapersonal. Oleh sebab itu, dilakukanlah pelatihan soft skill ini yang diharapkan dapat diaplikasikan oleh para peserta didik selama masa studi.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Pimpin Apel Disiplin ASN di Kantor Kesbangpol Kota Denpasar Ingatkan Jaga Komitmen dan Integritas

Pelatihan ini diketuai oleh Dr. dr. Dyah Kanya Wati, Sp.A(K) dan dikoordinasikan juga oleh Dr.dr. Ni Made Renny Anggreni Sp.PD-KHOM-FINASIM yang berlangsung selama 2 hari, yaitu 24 sd 25 Januari 2023 di Ruang 4.01 dan 4.02 FK Unud. Adapun peserta didik yang terlibat berjumlah 159 orang.

Hari pertama, materi dimulai dari Penyampaian Etika dan Disiplin Peserta Didik RSUP Prof. Ngoerah, kemudian dilanjutkan dengan Falsafah RSUP Prof IGNG Ngoerah yang dibawakan oleh direktur utama RSUP Prof. Ngoerah, dr. I Wayan Sudana, M.Kes. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi Profesionalisme Dokter, Good Learner and Clinician, Good Presentation, dan Principle of scientific writing yang dibawakan oleh empat dosen FK Unud.

Baca Juga :  Bersinergi Dengan Kementerian PAN RB, Pemkot Denpasar Gelar Sosialisasi Reformasi Birokrasi

Hari kedua dilanjutkan dengan pemaparan mengenai Filosofi Pendidikan Kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang dipaparkan oleh Dekan FK Unud, Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes.

Acara sesi berikutnya merupakan sesi untuk mempraktikkan materi yang diberikan pada materi sebelumnya, yaitu terdapat sesi role play, presentasi power point dan presentasi telaah jurnal yang dilakukan per kelompok sesuai yang telah dibagikan.

Peserta pun antusias dan terhibur karena sebelum memulai presentasi, tiap kelompok menampilkan yel-yel yang menarik. Acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah bagi kelompok dan peserta dengan penyampaian constructive feedback terbaik serta diakhiri dengan acara penutupan. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News