Pemilu 2024
Pelantikan PPS se-Bangli, Bupati Sedana Arta Harapkan Kedewasaan Demokrasi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta menghadiri Pengambilan Sumpah Janji dan Pelantikan Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Bangli, untuk Pemilihan Umum 2024, bertempat di Balai Paruman Desa Adat Kubu, Bangli.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (24/1/2023) tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Gede Agung Lidartawan, Ketua KPU Kabupaten Bangli, I Putu Pertama Pujawan, Ketua Bawaslu Kabupaten Bangli, I Nengah Purna, Komisioner KPU, OPD terkait di lingkungan Pemkab Bangli, unsur Forkompimda, Wakil Ketua DPRD Bangli, I Komang Carles, Camat se-Kabupaten Bangli, Kapolsek, Danramil dari masing-masing Kecamatan, Ketua Forkom Perbekel Kabupaten Bangli, serta undangan lainnya.

Ketua KPU Kabupaten Bangli, I Putu Pertama Pujawan, dalam laporannya menyampaikan, tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan serentak dalam tahun yang sama. Ini bukan pekerjaan yang mudah, ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsaakita. Pemilu 2024 menjadi tantangan baru bagi penyelenggara pemilu dan sekretariat. Dibutuhkan kesiapan, konsentrasi dan kesungguhan dalam menghadapi tahapan pemilu, karena itu akan menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan tahapan. Peran ad- hoc penyelenggara pemilu/pemilihan menjadi penentu kualitas demokrasi. Maka badan ah-hoc ditempatkan sebagai ujung tombak untuk menjaga proses pemilu. Sehingga pemahaman dan kapasitas para penyelenggara pemilu perlu untuk terus ditingkatkan agar dapat memberikan pelayanan maksimal.

“Untuk itulah seluruh penyelenggara Pemilu di Kabupaten Bangli agar memetakan dan mengantisipasi permasalahan yang dapat mempengaruhi pelaksanaan agenda tahapan. Kordinasi dan dukungan stakeholder menjadi sangat penting dan vital dalam menjaga teknis kepemiluan, infrastruktur pemilu, kapasitas hukum, Pendidikan pemilih, keamanan dan ketertiban masyarakat,” ucap Putu Pertama Pujawan.

Baca Juga :  Didistribusikan Lewat BUMDes, Harga Beras Lokal di Nusa Penida Sama Dengan Klungkung Daratan

Pihaknya mengajak seluruh PPS yang dikukuhkan agar selalu menjaga integritas dan profesionalitas baik secara personal maupun kelembagaan dengan mempedomani asas dan prinsip penyelenggaraan pemilu. Suarakan informasi dan kegiatan KPU pada media informasi, perkuat konsolidasi di internal dengan sekretariat, terus mengasah kompetensi dan kapasitas kepemiluan dalam membentuk team work yang solid.

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta dalam sambutannya menyampaikan, dalam pelaksanaan pengambilan sumpah janji dan pengukuhan PPS yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Bangli hari ini, pihaknya merasa bangga karena dari sisi struktur, dalam pengamatannya keterwakilan gender dalam pelantikan PPS tersebut sudah sangat terstruktur, keterwakilan perempuan mencapai 30 persen.

Baca Juga :  Truk Pengangkut Dedak Jatuh Terguling

“Ini membuktikan bahwa perempuan kita memang harus diberikan ruang dalam segala pembangunan di Indonesia, dan terbukti PPS ini sudah bisa menampilkan keterwakilan perempuan yang sangat signifikan,” ungkap Sedana Arta.

Bupati Sedana Arta menambahkan, dalam beberapa kali pemilihan yang dilaksanakan di Kabupaten Bangli seperti Pileg, Pilkada, Pilgub, dan Pilpres sudah kita lakukan, tentu dengan pengalaman ini kita berharap kedewasaan demokrasi di Kabupaten Bangli semakin tercermin dari sikap, prilaku dan semua pemahaman kita tentang cara-cara berdemokrasi yang baik.

Sedana arta mengakui, bahwa kinerja KPU Bangli sangat baik, terlihat dari prestasi yang diraih, seperti tingkat kehadiran masyarakat dalam melaksanakan pemungutan suara Bangli mendapat peringkat ketiga di Provinsi Bali.

Bupati Bangli berpesan kepada penyelenggara pemilu, yang dimotori KPU beserta jajaran serta Bawaslu beserta jajaran agar selalu memberikan sosialisasi yang sebaik-baiknya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bangli, karena ujung tombak keberhasilan pemilu ada pada penyelenggara pemilu. Serta sumpah janji yang diucapkan bisa diresapi dan merasuk ke dalam jiwa, kemudian dapat diterapkan dengan sebaik-baiknya, demi kualitas pemilu yang lebih baik di Kabupaten Bangli. Karena hasil Pemilu 2024 nanti akan menjadikan nakhoda Negara ini untuk berlayar pada Samudra besar Kabupaten Bangli. Tentu yang kita inginkan hasilnya putra terbaik Indonesia bisa membawa kapal ini berlayar dan berlabuh di dermaga tujuan seperti yang kita inginkan bersama.

Baca Juga :  97,63 Persen SMK di Bali Selenggarakan UNBK

“Selamat atas dikukuhkan dan diambil sumpah janjinya kepada PPS seluruh Kabupaten Bangli,” tutup Sedana Arta.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan dalam sambutannya mengapresiasi keterwakilan perempuan yang sangat signifikan dan banyak wajah anak-anak muda yang terlibat dalam pengukuhan PPS di Kabupaten Bangli, diharapkan PPS ini dapat menjaga kualitas pemilu di Kabupaten Bangli, bersosialisasi degan baik dan melakukan tugas dengan sebaik-baiknya.(an/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini