Pemilu 2024
Pelantikan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan se-Kabupaten Tabanan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Guna mempersiapkan Pemilihan Umum Tahun 2024, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., dalam hal ini diwakili oleh Sekda Tabanan, Dr. I Gede Susila, S.Sos., M.Si., menghadiri Pelantikan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan Untuk Pemilu tahun 2024, yang berlangsung di Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tabanan, Dangin Carik, Tabanan, Senin (2/1/2022).

Pelantikan ini juga dihadiri oleh Jajaran Forkopimda Tabanan, Ketua dan Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tabanan, Banwaslu Tabanan, Camat se-Kabupaten Tabanan dan anggota PPK. Sebanyak 5 orang kandidat dari setiap kecamatan dengan total 50 orang kandidat dilantik sebagai anggota panitia pemilu hari ini dengan ditandai dengan pembacaan sumpah dan penandatanganan pakta integritas serta penyematan PIN.

Pelantikan yang dilakukan pada hari ini sebagai salah satu bentuk tahapan-tahapan dalam penyelenggaraan pemilu serentak di tahun 2024 mendatang. Di mana, Pemilu memiliki arti yang sangat penting dan strategis dalam proses penyelenggaraan dan pengelolaan sebuah bangsa dan negara, karena akan memilih pemimpin-pemimpin nasional maupun daerah. Hal tersebut menyebabkan, kualitas penyelenggaraan pemilu menjadi sangat penting dan menjadi kata kunci, karena merupakan tonggak awal penyelenggaraan pembangunan lima tahun ke depan.

“Memperhatikan aspek kualitas Pemilu, maka dapat dikatakan panitia pemilih kecamatan memegang peranan yang strategis terutama dalam penyiapan seluruh personil yang akan terlibat dalam agenda penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024,” papar Sekda Susila saat membacakan sambutan Bupati Sanjaya. Pihaknya menjelaskan, bahwa ini merupakan entry point untuk mewujudkan pesta demokrasi yang mempunyai legitimasi di hadapan rakyat sebagai pemilik kedaulatan.

Baca Juga :  Lepas Ratusan Rider, Bupati Sanjaya Harap Mampu Geliatkan Sektor Pariwisata di Kabupaten Tabanan

“Saya selaku kepala daerah, ikut mendorong secara aktif agar tahapan-tahapan pemilu ke depan dapat mencerminkan bahwa kabupaten Tabanan memang betul-betul siap melaksanakan pemilu yang berkualitas dan bermartabat, tidak hanya dari sisi pelaksanaan tetapi juga dari sisi kondusifitas daerah yang solid,” terangnya lebih lanjut.

Tak lupa Sekda Susila juga mengingatkan untuk selalu merefleksi diri dan memperbaiki segala kekurangan dalam pelaksanaan pemilu yang telah berlangsung sebelum-sebelumnya, agar tercipta pemilu yang damai dan kondusif.

Lebih lanjut pihaknya juga berharap, Pelantikan Panitia Pemilih Kecamatan ini dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan kualitas demokrasi kita dengan harapan pemilu akan semakin baik, dan didukung oleh partisipasi pemilih yang tinggi.

“Penyelenggaraan pemilu yang sukses akan memberikan jaminan kepada masyarakat, bahwa visi dan misi Tabanan dapat kita wujudkan Bersama,” ucap Susila.

Harapannya tersebut juga dinyatakan oleh I Gede Putu Weda Subawa selaku Ketua KPU Kabupaten Tabanan yang kala itu membacakan sambutan dari Ketua KPU Provinsi Bali.

“Kami atas nama KPU Provinsi Bali mengucapkan selamat kepada seluruh panitia pemilihan kecamatan yang baru dilantik, semoga tugas yang diemban dapat dilakukan sebaik-baiknya mulai dari tahapan demi tahapan sampai menghasilkan pimpinan negeri yang dikehendaki oleh masyarakat secara demokratis,” ungkap Subawa.

Baca Juga :  Diawali Linuh, Bupati Sanjaya Resmikan Balai Banjar Piling Kanginan

Pihaknya juga menerangkan, bahwa dalam menjalankan tugas, para panitia dituntut bekerja secara profesional, mempunyai integritas, jujur dan adil serta senantiasa menjaga netralitas. Mengingat netralitas penyelenggara pemilu merupakan modal yang sangat penting dan berharga dalam mengawal tegaknya demokrasi.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini