fk unud
FK Unud Gelar Kompetisi bagi Siswa SMA/SMK se-Indonesia. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Perkenalan FK Unud melalui Roadshow, Championship, dan Exhibition Medicine-Faculty Open Roadshow, Championship, and Exhibition (M-FORCE) 2023 mengusung tema ‘Enriching the Understanding and Elucidate your Capacity on Pediatric Disorder’, dengan jargon, ‘Sharpen Your Mind, Break Your Limitation’. M-FORCE merupakan kompetisi bagi siswa/i SMA/SMK/sederajat di seluruh Indonesia dalam bidang sains melalui perlombaan Biologi, Kimia, Fisika, dan Kedokteran Dasar.

Selain itu, M-FORCE juga merupakan wadah pengenalan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana kepada khalayak umum.

Rangkaian kegiatan dari M-FORCE 2023 meliputi roadshow yang telah dilaksanakan secara offline dan online, preliminary round (babak penyisihan) yang telah berlangsung pada Sabtu, 7 Januari 2023. Selain itu terdapat 3 hari utama pada 28-29 Januari 2023 yang meliputi kegiatan quarterfinal round, semifinal and final round, dan open house.

Pada hari Sabtu, 7 Januari 2023 telah dilaksanakan babak penyisihan secara online. Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Prof.dr. I Md. Ady Wirawan, MPH., Ph.D. Dalam sambutannya Prof. Ady menyampaikan bahwa kegiatan olimpiade ini sangat baik dilaksanakan untuk membantu para siswa SMA/SMK/sederajat di seluruh Indonesia dalam mengukur kemampuannya pada bidang sains dan kedokteran.

Baca Juga :  Tingkatkan Pengelolaan Jurnal di Universitas Udayana, Unit JUPI Selenggarakan Pelatihan dan Pendampingan

“Saya merasa bangga karena melalui kegiatan ini, kita bisa sekaligus memperkenalkan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana terutama 6 program studi yang ada di dalamnya,”imbuhnya.

Turut serta hadir dalam acara hari ini adalah para Koordinator Program Studi Sarjana di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, dan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Setelah pembukaan acara, peserta dipandu untuk masuk ke room meeting sesuai pembagian dan mulai mengerjakan soal-soal dengan timnya. Peserta akan mengerjakan lomba ini dari rumahnya masing-masing dengan tetap diawasi oleh panitia secara online. Kemudian, akan dicari 25 tim yang berhasil mendapatkan nilai tertinggi untuk masuk ke babak selanjutnya.

Pada babak quarterfinal akan diadakan secara offline di Lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dengan menggunakan sistem rally pos yang nantinya akan terbagi menjadi 12 pos, dengan rincian 6 pos yang mewakili 6 program studi di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, 2 pos sains, dan 2 pos games.

Pada babak semifinal dan final akan diadakan secara offline di Lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dengan sistematika lomba cerdas cermat dan basic clinical skill. Selain itu, terdapat open house untuk memperkenalkan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dan 6 program studi yang dimilikinya.

Baca Juga :  PSPPI Pascasarjana Unud Ciptakan Tenaga Insinyur Indonesia yang Mandiri

Peserta M-FORCE dibagi menjadi tiga region besar sesuai dengan pembagian wilayah waktu Indonesia, yaitu region I (daerah waktu Indonesia bagian barat, seperti Pulau Sumatra, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Jawa), region II (daerah waktu Indonesia bagian tengah, seperti Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Bali, Nusa Tenggara, dan Sulawesi), dan region III (daerah waktu Indonesia bagian timur, seperti Maluku dan Papua). (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini