fakultas pertanian
Fakultas Pertanian Unud Jalin Kerjasama Internasional dengan Colege Of Agriculture Ibaraki University. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEPANG – Dalam rangka menjalin dan meningkatkan kerjasama dengan Colege of Agriculture Ibaraki University (IU), Japan, dan School of Agriculture Meiji University, Japan, Fakultas Pertanian Universitas Udayana melaksanakan kunjungan ke Jepang, pada 19-24 Desember 2022. Tim Fakultas Pertanian Unud terdiri dari, Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. I Nyoman Gede Ustriyana, Koprodi S2 Bioteknologi Pertanian, Dr. Gusti Ngurah Alit Susanta Wirya, dan Ketua UP3M, Dr. I Putu Sudiarta.

Pada 20 Desember 2022, kegiatan diawali dengan melakukan kunjungan ke Lab. Microbial Ecology dan diterima oleh Prof. Dr. Kazuhiko Narisawa, dilanjutkan ke Lab. Soil and Environmental Science bersama Dr. Sakagami Nobuo. Pada kesempatan tersebut Tim Fakultas Pertanian Unud bertemu dengan lulusan Magister Bioteknologi yang sedang menempuh S3 yakni Citra dan Karta di Lab. Microbial Ecology.

Baca Juga :  Peningkatan SDM, FTP Unud dan PT. Karsa Abadi Tandatangani Perjanjian Kerja Sama

Dilanjutkan pada 21 Desember 2022, dilakukan rapat secara fomal dengan dekan Collage of Agriculture Ibaraki University Japan, Prof. Yuji Miyaguchi, Ph.D. Dalam kesempatan tersebut dibicarakan peluang kerjasama berupa Cotutelle Program for Master’s Degree yang akan direncanakan 2023, dimana pihak Ibaraki dan Unud setuju untuk menjalin kerjasama tersebut dan telah diajukan ke JASO untuk mendapatkan beasiswa.

Pada 22 Desember 2022 dilakuan kunjungan ke kebun percobaan Ami Campus Collage of Agriculture Ibaraki University Japan dibawah Koordinir Prof. Dr. Sato. Pada kesempatan tersebut dijelaskan tentang teknologi menanam melon dan stroberi di rumah kaca yang sangat berguna pada pengembangan Kebun Percobaan Fakultas Pertanian.

Baca Juga :  Direktur Pascasarjana Unud Lantik Lima Insinyur Baru pada Pelantikan dan Pelepasan Pascasarjana Periode III Tahun 2022

Pada 23 Desember 2022 delegasi Unud diterima oleh Dekan School of Agriculture Meiji University yang dikoordinir oleh Dr. Fumitaka Shiotsu. Pada Pertemuan tersebut membicarakan tentang Join Study yang akan dilakukan pada 3-8 September 2023 di Bali, dimana akan melibatkan 8 mahasiswa S1 bersama dengan mahasiswa Universitas Udayana. Selain itu juga disepakati komitmen Meiji untuk mendukung PKKM yang akan diajukan oleh prodi S1 Agroekoteknologi FP Unud.

“Dengan adanya kunjungan ke Ibaraki University (IU), dan Meiji University, diperoleh 2 kegiatan yang akan direncanakan pada tahun 2023 berupa Cotutelle Program for Master’s Degree antara Prodi Magister Bioteknologi Pertanian dengan The Graduate School of Agriculture Ibaraki University (IU). Sedangkan dengan School of Agriculture Meiji University, Japan berupa join study yang akan diadakan 3-8 Desember 2023,” ujar Dekan Fakultas Pertanian Unud, Prof. Dr. I Nyoman Gede Ustriyana.

Baca Juga :  Kunjungan Lapangan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) ke Program Studi Arsitektur Lanskap Unud

Lebih lanjut Prof. Ustriyana juga menjelaskan bahwa kunjungan ini juga dimaksudkan untuk mendukung kegiatan yang akan diajukan oleh Prodi S1 Agroekoteknologi berupa proposal PKKM terkait kesediaan mitra untuk menjadi tenaga pakar dibidang hydroponic, smart farming dan bioteknologi. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini