ioh
IOH Tingkatkan Kapasitas Jaringan Hingga 160%. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNAEWS.COM, SURABAYA – Mengantisipasi lonjakan kebutuhan jaringan telekomunikasi digital pada sejumlah destinasi wisata prioritas di Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menyiapkan peningkatan kapasitas jaringan pada masa libur perayaan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

IOH mencermati bahwa wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara memiliki sejumlah kawasan pariwisata prioritas yang ditetapkan pemerintah Indonesia, antara lain Bromo Tengger Semeru, Mandalika, dan Labuan Bajo. Khusus Mandalika dan Labuan Bajo bahkan telah ditetapkan pemerintah menjadi Destinasi Super Prioritas. Di sisi lain, Bali juga masih menjadi destinasi favorit bagi masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, IOH berkomitmen mengoptimalkan jaringan di sejumlah daerah wisata tersebut, termasuk pada sarana pendukung seperti rest area, bandara, pelabuhan, terminal, dan stasiun. Antisipasi ini dilakukan untuk mengatasi kepadatan lalu lintas data di masa liburan ini.

Head of Region East Java & Bali Nusra Indosat Ooredoo Hutchison, Soejanto Prasetya mengatakan, kami terus berfokus melakukan peningkatan kapasitas jaringan khususnya dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru ini. Khusus untuk area Bromo Tengger Semeru kami tingkatkan sebesar 20%, sedangkan secara keseluruhan area Jawa Timur ditingkatkan menjadi 53% dan Bali Nusra sebesar 160%.

Baca Juga :  Sejalan dengan Perkembangan Teknologi, Biznet kini Menjangkau Lebih Banyak Kota di Indonesia

‘Kami berkomitmen memberikan layanan kelas dunia bagi pelanggan, sehingga mereka bisa berlibur dan menikmati destinasi wisata Indonesia yang indah dengan bahagia dan nyaman,” ucapnya.

IOH menyiapkan kapasitas jaringan lebih besar dari rata-rata trafik harian normal untuk mendukung aktivitas digital pelanggan yang banyak menggunakan aplikasi berbasis video seperti YouTube, Facebook, dan TikTok. Selain itu, peningkatan ini untuk mendukung aktivitas transaksi dan belanja pelanggan yang saat ini banyak dilakukan secara digital, baik melalui mobile banking maupun internet banking.

District Operation Head East Java, Jember, & Bali Nusra Indosat Ooredoo Hutchison, Vega Sumampouw menambahkan, Selain penguatan jaringan, kami juga menyediakan beberapa infrastruktur Mobile BTS (Base Transceiver Station) yang salah satunya terletak di jalur menuju area Bromo. Kurang lebih ada sekitar tiga Mobile BTS yang disiagakan di wilayah Jawa Timur.

“Sedangkan, dari sisi transmisi kami telah lakukan upgrade fiberisasi dari yang sebelumnya menggunakan jaringn microwave sekarang menjadi kabel optik untuk menopang ketersediaan jaringan 5G,” imbuhnya.

Sebagai informasi, IOH di region Jawa Timur dan Bali Nusra juga mengaktifkan Command Center selama 24 jam yang terletak di Kantor IOH Kayoon, Surabaya dan sudah beroperasi sejak 22 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023, yang didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/ML (Artificial Intelligence/Machine Learning) dan otomasi, guna memantau ketersediaan dan kualitas jaringan saat selebrasi pergantian tahun. Beberapa dashboard khusus juga digunakan seperti Operational Dashboard, Performance Dashboard, NetDrone, dan Subscriber Movement Dashboard.

Baca Juga :  IOH dan Masyarakat Setempat Bergotong Royong Bersih-Bersih dan Bangun Gapura di Pantai Jerman     

Rangkaian upaya IOH ini merupakan salah satu bentuk dukungan perseroan terhadap gerakan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah Indonesia sebagai bentuk inisiatif dalam meningkatkan minat masyarakat untuk berwisata di dalam negeri. (*/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini