HUT
Bupati Nyoman Giri Prasta menghadiri HUT ke-31 ST Eka Dharma dan HUT ke-8 Lansia Werda Sari Banjar Tegal Saat Baleran, di Gedung Serba Guna Tegal Saat Baleran, Desa Adat Kapal, Kecamatan Mengwi, Selasa (24/1/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta menghadiri Perayaan Ulang Tahun ke-31 Sekaa Teruna Eka Dharma dan HUT ke-8 Lansia Werda Sari Banjar Tegal Saat Baleran, Desa Adat Kapal, Selasa (24/1/2023). Bertempat di Gedung Serba Guna Tegal Saat Baleran, Desa Adat Kapal, Kecamatan Mengwi, Badung. Turut hadir dalam kesempatan ini anggota DPRD Provinsi Bali, I Bagus Alit Sucipta, DPRD Badung, I Made Suardana, dan Ni Komang Tri Ani, Camat Mengwi, I Nyoman Suhartana serta unsur Tripika Kecamatan Mengwi, Lurah Kapal, Bendesa Adat Kapal, I Ketut Sudarsana serta tokoh masyarakat.

Puncak HUT yang mengambil tema “Aditya Mahatma Daksa” ditandai dengan pemotongan tumpeng dan Kue, serta sebagai wujud dukungan Bupati Giri Prasta membantu dana sebesar Rp 10 juta untuk Lansia Werda Sari dan Rp 25 juta untuk Sekaa Teruna Eka Dharma.

“Hari ini kami hadir di tengah-tengah masyarakat kapal dalam acara Hari Ulang Tahun Sekaa Teruna Eka Dharma yang ke-31 dan Ulang Tahun Lansia Werda Sari yang ke-8 Banjar Tegal Saat Baleran Kapal. Kehadiran kami untuk memberi motivasi bagaimana Sekaa Teruna penerus generasi bangsa Agent Of Change. Pertama, kita berikan motivasi agar mampu menjadi generasi yang lebih baik dari sekarang. Yang Kedua, segala kebutuhan Sekaa Teruna, saya selaku Bupati saya pastikan akan beri bantuan sehingga sekaa teruna ini selain bergerak dalam urusan Banjar, Kelurahan dan Pemerintahan, juga bergerak di bidang adat. Karena Sekaa Teruna ini bertanggung jawab sepenuhnya kepada wilayah yang ada, bahkan Eka Dharma Tegal Saat Baleran ini sudah menjalankan Tri Hita Karana,” ucap Bupati Giri Prasta saat memberikan sambutan.

Lebih lanjut disampaikan, rasa bangga, bahagia bisa hadir ditengah-tengah masyarakat Banjar Tegal Saat Baleran Kapal Mengwi. Perlu dan dapat dipahami bahwa di Banjar ini hanya ada 3 pilar yaitu Wimuda, Winarta, dan Wiwerda. Wimuda anak-anak SD ke bawah, sedangkan Winarta adalah Sekaa Teruna yang sudah bisa memilah, memilih mana yang baik dan benar dan terakhir Wiwerda Orang tua.

Baca Juga :  Mahasiswa UGM Kembangkan Lampu Tanpa Listrik dari Kaleng Bekas

Ketiga pilar yang ada di banjar ini harus bisa bersatu sehingga segala pembangunan akan berhasil dan terwujudnya rasa sagilik, saguluk, salunglung sabayantaka, paras paros sarpanaya menuju masyarakat gemah ripah loh jinawi.

Giri Prasta juga mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan Sekaa Teruna yang mencerminkan sekaa teruna ini telah mampu menjalankan apa yang menjadi programnya.

“Guna meningkatkan kreativitas, sportivitas dan peduli lingkungan dan mengajak masyarakat untuk bersatu karena hanya dengan bersatu semua program dan kegiatan yang direncanakan akan berhasil. Maka dari itu diharapkan sekaa teruna agar tidak mabuk-mabukan dan mengganggu ketertiban umum, dan juga kalian jangan sampai terkena narkoba atau narkotika,” harapnya.

Sementara itu Ketua Sekaa Teruna Eka Dharma, I Made Dodik Angga Suwanjaya mengucapkan, banyak terima kasih atas kehadiran Bapak Bupati Badung bersama undangan lainnya yang sudah ikut serta memeriahkan HUT ST. Eka Dharma.

“Kami Sekaa Teruna Eka Dharma melaksanakan kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun yang ke-31 sekaligus perayaan HUT Lansia Werda Sari ke-8. Dengan tema “Aditya Mahatma Daksa” memiliki makna pandai dan bijaksana, berjiwa besar, serta cakap dan ahli sesuai tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersifat global. Untuk itu harapan kami kepada ST Eka Dharma dengan diadakannya kegiatan ini kita semakin kompak untuk berkumpul melaksanakan kegiatan-kegiatan program Sekaa Teruna yang bersifat positif untuk mendukung kegiatan adat, seni dan budaya di lingkungan sekaa teruna dan masyarakat yang mengacu pada ajaran Tri Hita Karana,” jelasnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini