BASAbali
BASAbali Wiki Gelar Wikithon Lingkungan Hidup. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTLAENWS.COM, DENPASAR – BASAbali Wiki menggelar Wikithon Lingkungan Hidup yang merupakan kegiatan lomba aksi nyata penghijauan lingkungan sekitar. Wikithon Lingkungan Hidup ini melibatkan lima kelompok peserta, masing-masing kelompok terdiri dari tiga tim Bali dan tiga tim Washington, DC. Wikithon ini diselenggarakan sebulan penuh dari 4 Desember 2022 sampai dengan 4 Januari 2023.

Adapun luaran dari dilaksanakannya kegiatan ini yaitu aksi nyata penghijauan lingkungan yang diterapkan di dua negara dan telah didokumentasikan melalui video kompilasi aksi penghijauan yang dilaksanakan di dua negara. Setelah menjadi satu kesatuan, dokumentasi tersebut diunggah pada website BASAbali Wiki (basabaliwiki.org) di Ruang Komunitas BASAbali Wiki khususnya di rak ‘Ayo Hijaukan Lingkungan’.

Sebelumnya pada Minggu (4/12/2022) lalu telah dilaksanakan Webinar:  Green Action For The Future sebagai rangkaian awal Wikithon Lingkungan Hidup. Webinar tersebut merupakan pemantik agar para peserta bisa merencanakan ide-ide mereka untuk aksi nyata menghijaukan lingkungan.

Berdasarkan hal tersebut, kelima kelompok peserta mampu merealisasikan ide mereka dengan aksi nyata penghijauan lingkungan yang telah didokumentasikan. Adapun aksi nyata menghijaukan lingkungan yang dilakukan oleh peserta seperti aksi pengomposan, kemasan makanan ramah lingkungan, pembuatan biopori, pengolahan sampah, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  FHTB 2024 Sukses Digelar, Berhasil Hubungkan Ratusan Jaringan Bisnis

Dari hasil proses penjurian yang dilakukan oleh tim juri yakni Maya Tamimi (Head of Sustainable Environment Unilever Indonesia Foundation), Prof. Ismunandar (Indonesian Ambassador/Permanent Delegate to Unesco), dan Andre Dananjaya (Associate Manager of Visual Communication Kopernik) telah ditentukan pemenang dari lima karya yang dihasilkan oleh para peserta. Adapun para pemenang yakni:

  1. Juara I diraih oleh kelompok 5 yang terdiri dari tim SMAN 3 Denpasar atas nama Gusti Ayu Dewi Pradnyasari, Ni Putu Adina Saridewi, Tissa Amelia Madica Putri dan tim Washington DC atas nama Michael Cano, Angemare Emmanuel, dan Inayah Williams. Adapun judul karyanya yaitu Zero Packaging: Eco-Friendly Food Packaging at School
  2. Juara II diraih oleh anggota tim SMAN 3 Denpasar atas nama Sang Ayu Putu Karunia Jayadi   Putri,   Pande   Putu   Elgha   Satrya   Adhyaksa,   Marsha   Aulia Rachmayudha, dan tim Washington DC atas nama Natasha Sidki, Ariana Roy, dan Ceone White dengan judul karya Biopores Project.
  3. Juara III diraih oleh anggota tim dari SMA Dwijendra Denpasar dan tim Washington DC  atas  nama  Putu  Oktoavia  Ayu  Bonita,  Vanessa  Grace  Thasca Sukarno, Ida Bagus Ananda Nosa Putraditya, Agustin Lundry, dan Michael Daza dengan judul karya Start from Small Things Project.
  4. Juara Favorit  yaitu  karya  yang  berjudul  COMA  (Composting  Around)  dari kelompok  SMAN  1 Tabanan  dan  tim  Washington  DC  atas  nama  Stevanus  Ivan Santoso, Ketut Suda Gandhi Wibawa, Arnold Yoseph Geraldo Seran, Ahava Tze-Hui Wu, Folasade Haastrup-Akintunde, dan Anna Batko Richgels.
Baca Juga :  OJK Bali dan Badan Zakat Nasional Menyelenggarakan Kegiatan Edukasi Keuangan Syariah

“Kami sangat senang bisa mengikuti wikihon ini karena kami mendapat banyak dukungan dari mentor, semua orang di sini sangat responsif! Saya berharap bisa mengikuti kompetisi wikithon lainnya,” tanggapan yang disampaikan oleh salah satu pemenang Wikithon Lingkungan Hidup dari SMA Dwijendra.

Selain itu, Head of Communication BASAbali Wiki, Ni Nyoman Clara Listya Dewi, S.IP., MA., mengatakan, bahwa Wikithon Lingkungan Hidup kali ini sengaja dikemas dengan ide untuk mengkolaborasikan semangat anak muda untuk menyelamatkan lingkungan di dua tempat, Indonesia (Bali) dan Amerika Serikat (Washington DC).

“Semoga ini menjadi awal yang baik bagi anak-anak muda di dua negara untuk tetap menggemakan semangat dan kepedulian terhadap lingkungan. Beliau juga berharap agar kedepannya tidak hanya dua negara, tapi Wikithon Lingkungan Hidup bisa mengkolaborasikan banyak anak muda di banyak negara,” harap Clara.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News