Hari Bela Negara
Wali Kota Jaya Negara Pimpin Apel Hari Bela Negara, Serahkan Penghargaan Kepada Kejari Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Peringatan Hari Bela Negara ke-74 tahun 2022 yang diperingati setiap tanggal 19 Desember berlangsung dalam pelaksanaan Apel di Kota Denpasar, Senin (19/12/2022).

Bertempat di halaman kantor Wali Kota Denpasar, pelaksanaan Apel dipimpin Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara. Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, Kepala Kejaksaan Negeri Denpasar, Rudy Hartono, serta dari Forkopimda Denpasar dan juga OPD terkait Pemkot Denpasar.

Sambutan Presiden RI, Joko Widodo yang dibacakan Wali Kota Jaya Negara menyampaikan peringatan Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022 ini, mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi masing-masing, untuk ikut serta dalam Bela Negara.

“Jadikan hari ini sebagai momentum kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai. Bela Negara adalah sikap, prilaku dan tindakan warga negara baik perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara. Bela Negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara,” katanya.

Nilai dasar Bela Negara adalah cinta tanah air, sadar Berbangsa dan Bernegara, dan Kemampuan Awal Bela Negara. Nilai- nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam program pembinaan kesadaran Bela Negara, baik itu di lingkungan Pendidikan, likungan pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya.

Seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan Bela Negara. Harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang. Oleh karena itu, kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif dan berdaya saing Negara, serta memiliki kesadaran Bela Negara.

“Semoga dalam peringatan ini sebagai upaya kita untuk meraih Indonesai maju, Bersatu, Berdaulat, Mandiri, dan Sejahtera. Selamat Hari Bela Negara ke-74 ‘Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku’,” imbuh Jaya Negara.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Jaya Negara juga menyerahkan penghargaan kepada Kejaksaan Negeri Denpasar atas kolaborasi penyelenggaraan Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Yel-yel tingkat SMA/SMK/perguruan tinggi se-Kota Denpasar dalam rangka Hari Anti Korupsi Sedunia (Harkodia) Tahun 2022.

“Terima kasih kepada Kepala Kejaksaan Negeri Denpasar yang telah berkolaborasi bersama Pemkot Denpasar dalam pelaksanaan peringatan Harkodia yang berlangsung di Kota Denpasar,” ujar Jaya Negara.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini