UGM
Rektor Minta Dosen Bisa Lebih Produktif Dorong Kemajuan UGM. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – UGM menggelar kegiatan Rektor Menyapa: Back to Campus, Berkolaborasi Membangun UGM, Senin (19/12/2022) di Balai Senat UGM.

Melalui acara tersebut Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M. Med. Ed., Sp.OG(K)., menyapa para dosen yang telah menyelesaikan studi maupun yang tengah memulai studi program doktor (S3) dan sub spesialis baik di kampus dalam negeri maupun luar negeri. Tahun ini ada sebanyak 128 dosen yang baru saja menyelesaikan pendidikan doktor maupun sub spesialis. Sementara itu ada 110 dosen yang baru saja mengambil studi lanjut S3 serta sub spesialis.

Rektor mengatakan bahwa dosen menjadi tulang punggung institusi pendidikan. Dalam ekosistem yang terus berubah saat ini, perlu dilakukan perubahan dasar terkait pengelolaan sumber daya manusia di institusi pendidikan. Dosen memiliki tanggungjawab utama menjalankan tridharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Namun adanya tambahan beban seperti persoalan administrasi, menduduki jabatan struktural dan lainnya menjadikan fokus menjalankan tridharma perguruan tinggi berkurang. Oleh sebab itu universitas ingin mengembangkan tata kelola organisasi agar dosen tidak lagi terbebani dengan persoalan-persoalan administartif yang akan menghambat motivasi dalam melakukan kegiatan tridharma.

“Para dosen yang baru pulang studi ini mempunyai energi tinggi dan pemikiran baru yang ditunggu untuk menarik lokomotif di UGM,” tuturnya.

Baca Juga :  Buka Festival Yogaboga Nusantara, Bupati Sanjaya Berharap Yoga Mampu Berikan Vibrasi Positif Bagi Kabupaten Tabanan

Wakil Rektor Sumber Daya Manusia dan Keuangan UGM, Prof. Dr. Supriyadi, M.Sc., menyampaikan, harapan bagi para dosen yang baru menyelesaikan studinya, setelah kembali ke UGM bisa semakin produktif. Tak hanya itu, para dosen juga diharapkan semakin kuat kompetensinya, komitmen dan jejaring juga semakin meningkat. Sedangkan bagi para dosen yang sedang menempuh studi lanjut diharapkan bisa terus menjalin komunikasi dan mengembangkan jejaring di kampus tempat menempuh pendidikan. Dengan begitu, jejaring yang dibangun bisa kian menguat dan mendorong kemajuan UGM.

“Kompetisi di bidang pendidikan sudah sangat intens, berat karena tidak hanya bersaing dengan perguruan tinggi dalam negeri saja namun juga luar negeri dan dengan orang yang menawarkan pendidikan. Oleh sebab itu kita harus bersiap dan dosen muda bisa jadi ujung tombak membawa UGM memenangkan persaingan dengan mengembangkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” urainya.

Baca Juga :  Tekan Laju Inflasi, Pemkot Denpasar Gelar Panen Cabai Hingga Beri Subsidi Ke Petani

Dalam kesempatan itu turut hadir Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM, Direktur Penelitian UGM, Kepala Pusat Inovasi dan Kajian Akademik UGM, Kepala Kantor Jaminan Mutu UGM, serta Direktur SDM UGM. Para dosen diberikan kesempatan untuk menyampikan gagasan, masukan, serta sara dalam mendorong kemajuan dan reputasi UGM dalam upaya meningkatkan kontribusi terhadap penyelesaian persoalan bangsa dan dunia.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini