Wali Kota Jaya Negara
Wali Kota Jaya Negara Mendem Pedagingan di Prajapati, Pura Kahyangan Sumerta. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemugaran Palinggih Prajapati, Pura Kahyangan Desa Adat Sumerta Kecamatan Denpasar Timur telah berlangsung pada Jumat (23/12/2022) dan dilanjutkan dengan pelaksanaan upacara Mecaru Rsi Gana. Upacara ini dipuput dua sulinggih yakni, Ida Pedanda Gede Putra Bajing dari Griya Tegal Jingga Sumerta Denpasar dan Ida bhujangga Rsi Bangun Sakti Griya Tembawu Penatih.

Dalam pelaksanaan upacara tersebut hadir Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara yang sekaligus mendem pedagingan di palinggih Prajapati, Pura Kahyangan Desa Sumerta. Hadir pula Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Surya Antara.

Baca Juga :  Kokokan, Maskot dan Logo Porprov Bali XIII

“Semoga dalam pelaksanaan upacara ini dapat meningkatkan sradha bakti masyarakat di desa adat Sumerta,” ujar Jaya Negara disela-sela pelaksanaan upacara.

Jaya Negara juga berharap dapat terus meningkatkan rasa menyama braya bergotong-royong yang tidak terlepas dari Weda Wakya Vasudaiva Khutumbakam yang mengandung makna dalam kehidupan ini kita semua bersaudara.

Sementara pengemong Pura Kahyangan Desa Adat Sumerta, Made Oka Berata menyampaikan, ucapan terima kasih atas kehadiran Wali Kota Jaya Negara dan juga telah melaksanakan mendem pedagingan di palinggih Padmasana Prajapati. Dijelaskan bahwa pura Kahyangan di emong empat banjar yakni, Banjar Bengkel, Kepisah, Kedaton dan Kertha Bumi.

“Pelaksanaan upacara Mecaru Rsi Gana di Pura Prajapati telah berlangsung melalui swadaya pasemetonan dan warga masyarakat,” ujarnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini