Denpasar
Tingkatkan Pelayanan Kesejahteraaan Sosial, Pemkot Denpasar Gelar Penguatan Kapasitas Fasilitator Perbekel/Lurah se-Kota Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Guna mengentaskan kemiskinan ekstrim, serta meningkatkan pelayanan kesejahteraan sosial di Kota Denpasar, Pemkot Denpasar melalui Dinas Sosial Kota Denpasar menggelar penguatan kapasitas Perbekel/Lurah dan Fasilitator Se-Kota Denpasar di Ruang Sewaka Mahottama, Graha Sewaka Dharma pada Jumat (23/12/2022).

Kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan penegasan dan penguatan kepada Fasilitator, Perbekel dan Lurah serta untuk lebih memberikan atensi kepada data terpadu kesejahteraan sosial sesuai  Permensos 3 tahun 2021 tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Selain itu juga agar masyarakat dapat terlayani dengan baik, sehingga masalah kesejahteraan sosial dapat diselesaikan. hingga pada akhirnya dapat mengurangi kemiskinan ekstrim di Kota Denpasar.

Baca Juga :  Sambut Hari Kartini, PKK Desa Munggu Gelar Lomba Senam dan Busana Adat ke Pura

Acara ini diikuti Perbekel/Lurah beserta Fasilitator Se-Kota Denpasar. Para peserta diberikan materi oleh tiga narasumber, yakni Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswaty, serta Kepala BPJS Cabang Denpasar, Muhammad Ali.

“Kita patut bersyukur karena Indeks Capaian Universal Health Coverage (UHC) di Kota Denpasar telah mencapai 98,93%, sudah sesuai target yang ditetapkan pemerintah pusat sesuai RPJMN di 2024, tetapi capaian tersebut tidak semata-mata mengurangi semangat kita untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Denpasar. Saya mengimbau kepada Fasilitator, Perbekel dan Lurah untuk tidak henti-hentinya memberikan edukasi dan pendampingan kepada masyarakat terkait masalah yang berkaitan kesejahteraan sosial,” ujar Agus Arya Wibawa.

Baca Juga :  Perlu Kolaborasi Tangani Persoalan Sampah

Sementara Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswaty mengatakan, dengan diselenggarakan kegiatan ini pihaknya berharap dari pihak Desa maupun Kelurahan, Fasilitator, serta OPD dapat lebih terpadu dan berkolaborasi dalam mengurangi kemiskinan ekstrim di Kota Denpasar.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya kedepan juga akan lebih meningkatkan sosialisasi serta kolaborasi kepada Rumah Sakit di Kota Denpasar yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, untuk memberikan edukasi serta pendampingan terkait kepesertaan BPJS yang saat ini sudah terintegrasi dengan KTP agar masalah kesejahteraan sosial khususnya yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan dapat diselesaikan.

Baca Juga :  Wagub Bali Lepas Kontingen Bali dalam Jambore Pemuda Indonesia 2019

Dalam kesempatan ini juga diberikan Penghargaan berupa piagam dan souvenir kepada empat fasilitator aktif atas kepengurusan data PPKS Tingkatkan Pelayanan Kesejahteraaan Sosial, Pemkot Denpasar Gelar Penguatan Kapasitas Fasilitator Perbekel/Lurah se-Kota DenpasarTingkatkan Pelayanan Kesejahteraaan Sosial, Pemkot Denpasar Gelar Penguatan Kapasitas Fasilitator Perbekel/Lurah se-Kota Denpasar dan bantuan sosial di tahun 2022.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini