Eco Enzyme
Meminimalisir Pencemaran, Wabup Diar Tuang Eco Enzyme di Danau Batur. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar menghadiri acara pelestarian lingkungan dengan pelaksanaan penuangan eco enzyme di Danau Batur, Jumat (23/12/2022). Dalam kesempatan itu hadir pula Anggota DPR RI, I Nyoman Parta, Perwakilan dari beberapa kementrian terkait, serta Dinas Provinsi dan Kabupaten terkait di Pemerintah Kabupaten Bangli.

Panitia Penggiat Lingkungan, I Wayan Puja menyampaikan, selaku pemerhati lingkungan sangat menginginkan Danau Batur ini tidak tercemar, sehingga air danau menjadi bersih, karena air danau ini sebagai tumpuan masyarakat Bali secara umum, maka dengan bersihnya air danau ini kesehatan masyarakat yang mempergunakan air akan terjamin.

“Kami dari pemerhati lingkungan melaksanakan kegiatan penuangan eco enzyme di Danau Batur bertujuan untuk menetralkan air sehingga air menjadi bersih. Mari kita Bersama-sama menjaga alam dengan baik sehingga pencemaran danau bisa berkurang. Dengan adanya cairan Eco-Enzime yang pengolahannya sangat mudah tanpa menggunakan bahan kimia cocok digunakan sebagai penetral air sehingga air danau menjadi bersih,” tuturnya.

Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar mengucapkan terima kasih kepada ‘Eco Enzyme for Lake Batur’ yang sudah mau ikut menjaga kebersihan air danau dengan melaksanakan kegiatan penuangan eco enzyme kali ini.

Baca Juga :  Bupati Bangli Tinjau Pelaksanan Tes Kompetensi PPPK Guru Tahun 2021

“Ini maka pencemaran air danau akan berkurang, kegiatan seperti ini harus selalu kita gemakan karena seperti yang kita ketahui Kabupaten Bangli adalah Kabupaten yang memiliki danau terluas di Bali yang terletak di Kintamani, bahkan danau ini menjadi tumpuan utama secara alami sebagai cadangan air di Bali, maka mari kita bersama-sama menjaga kebersihan dan kelestarian danau kita dari berbagai ancaman pencemaran lingkungan, kami dari Pemerintah Kabupaten Bangli telah melakukan berbagai upaya dalam melestarikan danau batur seperti halnya penanganan gulma, eceng gondok, penertiban keramba jarring apung, penanganan sampah dan air limbah ke danau,” ujar Wayan Diar.

Wayan Diar juga menambahkan bahwa eco enzyme merupakan cairan organk dengan sejuta manfaat yang terbuat dari sisa organik seperti buah-buahan, dan sayuran yang dicampur dengan gula merah atau molase dengan komposisi yang cukup.

Baca Juga :  Bhabinkamtibmas Desa Peninjoan Polres Bangli Terima Penghargaan dari TRC PPA Indonesia

“Fungsi eco enzyme yakni untuk meningkatkan kualitas air serta akan melepaskan gas ozon yang fungsinya dapat mengurangi karbondioksida memperangkap panas di awan, sehingga akan mengurangi efek rumah kaca,” sebut Diar.

Wakil Bupati asal Desa Belantih Kintamani ini pun menambahkan bahwa tujuan penuangan eco enzyme di danau batur ini untuk merawat sumber mata air secara bergotong royong, karena eco enzyme bisa dibuat dari bahan yang tidak berguna tapi manfaatnya sangat luar biasa. (bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini