Pebalap Belia
Seri Pamungkas, Astra Honda Racing School Mantapkan Bekal 16 Pebalap Belia. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – PT Astra Honda Motor (AHM) menuntaskan pembinaan 16 pebalap muda pada putaran terakhir Astra Honda Racing School (AHRS) di Sirkuit Mijen, Semarang, Jawa Tengah pada 9-11 Desember 2022. Pada penyelenggaraan ketiga di tahun ini, para pebalap belia yang saat ini masih berusia 10-15 tahun diberikan pemahaman mengenai regulasi dan aturan balapan sebagai bekal yang penting bagi mereka untuk melanjutkan mimpinya di dunia balap.

Para pebalap ini mendapat pembekalan peraturan dasar dalam dunia balap seperti arti dari berbagai macam bendera di lintasan sirkuit, tata cara start, pinalti, dan beragam aturan lain yang berlaku di lintasan balap. Pembekalan ini menjadi dasar penting yang perlu dimiliki para pebalap pemula sehingga dapat cepat beradaptasi dengan kompetisi balap dan menghindari adanya pelanggaran. Pembekalan ini sekaligus melengkapi program pelatihan di dua seri sebelumnya yang fokus pada materi peningkatan kemampuan komunikasi serta bagaimana memahami pengetahuan dasar setting suspensi dan pengetahuan dasar ban sepeda motor balap.

Baca Juga :  Program Diskon Tambah Daya Listrik “SUPER WOW” Tembus 367 Ribu Pendaftar

Setelah mempelajari teori-teori dan aturan yang ada pada balapan sepeda motor, para pebalap muda ini juga melakukan praktik di lintasan menggunakan Honda NSF100. Dilatih langsung oleh pebalap nasional dan internasional Gerry Salim, Sudarmono, dan juga Wawan Hermawan, mereka mempelajari secara langsung aturan-aturan dan rambu-rambu layaknya kejuaraan balap. Perkembangan kemampuan balap mereka pun diukur melalui pengujian time attack dan juga mini race.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya mengatakan konsistensi AHM dalam melakukan pembinaan balap berjenjang terus diperkuat melalui AHRS. Dengan semangat Satu Hati untuk Indonesia Juara, AHRS diharapkan dapat mencetak pebalap berbakat yang akan menyumbang prestasi yang gemilang dan mengharumkan nama bangsa di masa yang akan datang.

Baca Juga :  Dukung Masyarakat Tetap Produktif, PLN Jaga Pasokan Listrik Selama PPKM

“Penyelenggaraan AHRS merupakan bentuk komitmen kami untuk terus menghadirkan pembinaan balap berjenjang bagi pebalap muda untuk dapat mengasah kompetensi mereka di lintasan balap. Kami berharap kesuksesan para lulusan AHRS dapat menjadi inspirasi dan semangat bagi talenta balap berbakat Tanah Air dalam mencapai mimpi tertingginya di dunia balap,” ujar Andy.

Dimulai sejak tahun 2010 dan telah meluluskan 150 pebalap hingga saat ini, AHRS menjadi ajang pencarian bibit balap Tanah Air yang konsisten dalam menghadirkan pebalap-pebalap berprestasi yang bersaing di ajang balap Asia dan dunia.

Baca Juga :  Komunitas Honda Jelajahi Pulau Lombok Menuju WSBK dan IATC Mandalika

Lulusan AHRS tahun 2010, Andi Farid Izdihar berhasil menjadi pebalap Indonesia pertama yang menjadi Juara Asia pada gelaran balap Asia Road Racing Championsip (ARRC) 2022 kelas SuperSports 600cc. Tidak kalah gemilang, Veda Ega Pratama, alumni AHRS tahun 2019 juga menorehkan prestasi membanggakan melalui dominasi podium pertama di Asia Talent Cup (ATC) 2022 seri Mandalika lalu.

Selanjutnya, Mario Suryo Aji yang saat ini bersaing di kelas Moto3 World GP, merupakan lulusan AHRS tahun 2016. Sementara itu, Fadillah Arbi Aditama yang saat ini bersaing di Eropa pada ajang FIM JuniorGP merupakan lulusan AHRS tahun 2019.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini