Penglipuran Village Festival IX

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Bupati Bangli Sang Nyoman Sesana Arta didampingi Ny. Sariasih Sedana Arta membuka secara resmi Penglipuran Village Festival IX Tahun 2022, pada Sabtu (9/12/2022), bertempat di Desa Wisata Penglipuran, Kelurahan Kubu, Bangli.

Acara dibuka ditandai dengan pemukulan kulkul (kentongan) oleh Bupati Bangli didampingi oleh Ny. Sariarih Sedana Arta, Ketua DPRD Bangli, I Ketut Suastika, Unsur Forkompinda, OPD terkait dilingkungan Pemkab Bangli, Warga Desa Wisata Penglipuran serta undangan lainya. Serta dalam kesempatan tersebut juga turut hadir Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf/Baperakraf RI, Edy Wardoyo.

Kelian Desa Adat Penglipuran, I Wayan Budiarta, dalam laporannya menyampaikan Penglipuran Village Festival IX tahun 2022 berlangsung selama enam hari dari 9-14 Desember, berbagai kegiatan dan perlombaan dilaksanakan selama Penglipuran Village Festival, antara lain parade budaya, pameran, lomba tari Bali, seni pertunjukan, talk show Megibung, yoga, kelas aktivitas dan beberapa aktivitas lainya. Penglipuran Village Festival mengambil Tema ‘Kalpataru’, tema ini terinspirasi dari penghargaan Kalpataru yang diterima oleh Desa Adat Penglipuran pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tahun 1995 oleh Pemerintah Republik Indonesia terkait dengan pelestarian lingkungan yang dilakukan oleh masyarakat Penglipuran.

“Melalui momen ini kami harapkan spirit Pelestarian yang dilakukan oleh masyarakat Penglipuran dari dahulu supaya tetap digelorakan dan tetap tumbuh dalam jiwa dan hati masyarakat kami,” harapnya.

Baca Juga :  Dharma Santhi Kabupaten Bangli Serangkaian Perayaan Nyepi Tahun Baru Saka 1946

Sementara itu Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta dalam sambutannya mengatakan, berbagai terobosan dan inovasi daerah dalam pemulihan sektor pariwisata yang merupakan salah satu sektor penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Bangli telah dilaksanakan diantaranya penetapan Branding pariwisata ‘Bangli The Origin of Bali’ sebagai tagline promosi pariwisata Bangli, penerapan E-Ticketing dan PHR online, serta pembangunan Aksesibilitas dan penataan berbagai fasilitas pariwisata, seperti anjungan Penelokan dan pedestrian dikawasan Kintamani yang dapat  memberikan kenyamanan bagi wisatawan, sehingga dapat meningkatkan spend of money dan length of stay wisatawan di Kabupaten Bangli.

Bupati Sedana Arta dalam kesempatan tersebut mengajak seluruh Stakeholder, khususnya para pelaku industri pariwisata di Kabupaten Bangli untuk mengusung Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Kabupaten Bangli.

Baca Juga :  Wabup Diar Buka Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik Desa Tahun 2024 di Kabupaten Bangli

Pihaknya berharap pembangunan pariwisata di Kabupaten Bangli dapat berkembang sejajar dengan Kabupaten lain di Bali, sehingga pembangunan pariwisata di Bali tidak hanya terkonsentrasi di wilayah Bali Selatan.

“Bangli sebagai The Origin of Bali adalah jantungnya pulau Bali sebagai pusat peradaban Bali dimasa lampau, sudah sepatutnya mendapatkan haknya untuk bangkit bersama demi kesejahteraan seluruh masyarakat Bangli,” ajaknya.

Sedana Arta menambahkan, dengan diselenggarakannya Event Penglipuran Village Festival ini, dapat menjadi titik balik pemulihan pariwisata pasca pandemi Covid- 19, sebagai ajang promosi pariwisata Bali dan Bangli pada khususnya, terlebih Desa Penglipuran telah menjadi salah satu tujuan wisata favorit dengan berbagai predikat penghargaan Nasional dan Internasional yang telah diraih.(an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News