fkh unud
Minat Profesi Satwa Akuatik Turtle Guard kembali Gelar Program Kerja Rutin Kuliah Umum. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Minat Profesi Satwa Akuatik Turtle Guard kembali mengadakan program kerja rutin mereka yakni Kuliah Umum. Kali ini mereka mengadakan Kuliah Umum II yang dimulai sejak pukul 16.00 WITA, dilaksanakan secara online melalui Cisco Webex Meeting, dihadiri oleh 100 lebih mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, pada Jumat (2/12/2022).

Kuliah Umum II kali ini mengambil tema ‘Penyakit dan Pengelolaan Kesehatan Ikan Air Tawar’. Kuliah umum ini bertujuan menambah wawasan mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana tentang satwa akuatik, terutama ikan air tawar. Kuliah Umum II menghadirkan drh. Kenda Adhitya Nugraha selaku pembicara yang tergabung dalam Dokter Hewan Indo Fish Vet.

Baca Juga :  Antisipasi Kelangkaan di Masa Mendatang, Wali Kota Jaya Negara Kembali Usulkan Penambahan Kuota Gas LPG 3kg

Dalam penyampaiannya, drh. Kenda menjelaskan secara menyeluruh mengenai ikan air tawar dari karakteristik, siklus manajemen kesehatannya, faktor-faktor penunjang kesehatan, penyakit yang biasa ditemukan, hingga pengobatan dan perawatan yang dapat dilakukan.

Salah satu fakta menarik yang didapatkan dari materi beliau adalah, ikan dapat mengidap buoyancy disorder yaitu suatu kondisi gelembung renang ikan terganggu seperti gelembung renang terlalu besar sehingga ikan berenang terbalik. Kuliah Umum II ini berlangsung dengan lancar, peserta terlihat antusias, aktif bertanya dan berdiskusi mengenai materi yang dipaparkan oleh narasumber. Peserta yang memberikan pertanyaan terbaik mendapatkan penghargaan dari panitia.

Baca Juga :  Akhiri Masa Jabatan, Konjen Jepang Berpamitan pada Wali Kota Jaya Negara

Kegiatan ini tentunya dapat berlangsung dengan baik karena kerja keras panitia dalam mempersiapkan kegiatan. Tak lupa pihak sponsor yang turut membantu dalam mendanai kegiatan, Turtle Conservation and Education Centre, D.A.N Exotic, dan Kedonganan Veterinary. Semoga Minat Profesi Turtle Guard dapat terus mengadakan kegiatan yang tak kalah seru dan bermanfaat bagi seluruh mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News