Pramuka
Kwarcab Gerakan Pramuka Denpasar Gelar KMD. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah menaruh harapan besar dan sekaligus menjadi tugas mulia bagi Gerakan Pramuka untuk lebih berperan lagi dalam pembinaan karakter anak-anak dan remaja Indonesia dalam upaya memupuk semangat bela negara dan rasa cinta tanah air yang diwujudkan dengan ditetapkan kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah-sekolah formal.

Salah satu upaya untuk melaksanakan tugas dan kepercayaan tersebut, Gerakan Pramuka harus menjamin tersedianya Pembina Pramuka yang mencukupi baik jumlah dan kualitas.

Untuk itu, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Denpasar melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Cabang (Pusdiklatcab) menyelenggarakan Kursus Mahir Dasar (KMD) untuk Pembina Pramuka Golongan Penggalang se-Kwarcab Denpasar bertempat di SD Negeri 9 Padangsambian Denpasar Barat.

Kegiatan yang berlangsung selama 6 hari sejak Minggu, 18 Desember hingga Jumat, 23 Desember 2022, diikuti 50 orang calon Pembina Pramuka Penggalang yang berpangkalan di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) terdiri dari 20 Putra dan 30 Putri.

Baca Juga :  Ini Salah Satu Syarat Untuk Bisa Naik Pangkat di Kepolisian

Kapusdiklatcab Denpasar, Dr. Ir. I Komang Agus Jaya Mataram, M.Kes., MT., mengatakan KMD ini diharapkan dapat mencetak Pembina Pramuka Penggalang yang memiliki kualifikasi dan kompeten di bidang pendidikan kepramukaan yang akan membina di Gugusdepan.

“Kita ingin mencetak Pembina Pramuka penggalang yang berkompeten dan materi yang diberikan dapat di implementasikan di Gugusdepan masing-masing,” kata Agus Jaya Mataram.

KMD Golongan Penggalang kali ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, diawali dengan proses pendaftaran dimana peserta wajib menunjukkan bukti sudah mendapatkan vaksinasi tahap I dan tahap II.

Sementara itu, Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Denpasar, Dr. I Gusti Lanang Jelantik, M.Si., mewakili Ketua Kwarcab Denpasar menyampaikan pentingnya Kursus Mahir Dasar ini bagi calon Pembina Pramuka Penggalang se-Kwarcab Denpasar.

Menurutnya, tujuan KMD ini adalah untuk membekali para Pembina Pramuka tentang pengertian dasar pendidikan Kepramukaan serta garis besar cara membina dan mengelola satuan Pramuka di Gugusdepan. KMD ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi Pembina.

Pihaknya berpesan kepada Pemimpin Kursus (Pinsus) agar kegiatan ini dikelola se efektif mungkin dan bermanfaat bagi pembina di se-Kwarcab Denpasar sehingga menjadi nilai tambah bagi seluruh Pembina.

Baca Juga :  Semarak Indosiar Goyang Kota Karawang  

“Semoga materi yang diberikan dapat diimplementasikan kepada anak didi di masing-masing Gugusdepan,” pungkas Lanang Jelantik.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini