HAM
Kemenkumham Bali Dorong Kabupaten/Kota di Bali untuk Peduli HAM. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia dilaksanakan setiap tanggal 10 Desember setiap tahunnya. Peringatan ini merujuk pada Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (UDHR) yang dikeluarkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 1948.

Kementerian Hukum dan HAM RI melalui Direktorat Jenderal HAM menyelenggarakan peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-74 secara daring, pada Senin (12/12/2022). Tema yang diangkat pada Hari HAM tahun 2022 adalah ‘Advancing Human Rights for Everyone’ atau ‘Pemajuan Hak Asasi Manusia untuk Setiap Orang’.

Acara peringatan ini dihadiri secara langsung oleh Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin, Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly, Wakil Menteri Hukum dan HAM, Edward Omar Sharif Hiariej, Menteri ATR/BPN, Wakil Jaksa Agung, Gubernur, Walikota, dan Bupati, serta para undangan.

Dalam sambutannya Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly menyampaikan 74 tahun yang lalu masyarakat dunia mencatatkan peristiwa penting dan bersejarah dengan disahkannya Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa. Norma tertulis pertama yang disepakati oleh dunia menetapkan hak-hak dasar yang melekat pada diri setiap manusia tanpa melihat status sosialnya, asal usul kebangsaan, warna kulit, kondisi fisik, gender, agama dan lain sebagainya yang harus dihormati, dilindungi, dipenuhi, dan ditegakkan oleh setiap negara.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Kembali Raih Penghargaan Kota Peduli HAM Empat Kali Berturut-turut

“Nilai-nilai hak-hak asasi manusia sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, yang menegaskan bahwa penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM atau yang disingkat P5HAM adalah tanggung jawab negara terutama pemerintah.” ungkap Yasonna.

Sebagai bentuk apresiasi kepada para pihak yang telah berupaya mendorong dan melaksanakan pembinaan pelayanan publik berbasis hak asasi manusia, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia memberikan penghargaan kepada kementerian/lembaga pemerintah daerah yang turut serta dalam pemajuan hak asasi manusia. Penghargaan diberikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia didampingi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Baca Juga :  Bupati Suwirta Resmikan Posyankumhamdes se-Kabupaten Klungkung

Penghargaan juga diberikan kepada Pemerintah Provinsi Bali beserta 9 Kabupaten/Kota di Provinsi Bali atas Pembinaan daerah Kabupaten/Kota peduli HAM mencapai 60% atau lebih. Adapun jumlah Kabupaten/Kota peduli HAM di Provinsi Bali mencapai 100%. Atas raihan penghargaan tersebut, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali juga diberikan penghargaan atas upaya mendorong mewujudkan Kabupaten/Kota Peduli HAM. Dalam hal ini penghargaan diberikan oleh Direktur Jenderal HAM, Mualimin Abdi kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Anggiat Napitupulu.

Wakil Presiden, Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa peringatan Hari Hak Asasi Manusia sedunia ke-74 tahun 2022 ini, merupakan deklarasi universal hak asasi manusia yang diadopsi oleh PBB untuk merawat peradaban dan kemanusiaan bangsa-bangsa di dunia.

“Peringatan HAM sedunia ini adalah momen reflektif bagi seluruh negara dan bangsa dalam menghormati dan memajukan hak asasi manusia secara universal. Hak Asasi Manusia sejatinya tumbuh bersama dengan peradaban suatu bangsa, menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia berarti menjunjung tinggi peradaban.” tutup Ma’ruf. (bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini