The Max 30 CM 2022
Jaya Negara Buka Kontes dan Pameran Bonsai Nasional ‘The Max 30 CM 2022’. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemkot Denpasar Bersinergi dengan Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kota Denpasar, menggelar Kontes dan Pameran Bonsai Nasional bertajuk ‘The Max 30 Cm 2022’, Selasa (20/12/2022) sore di Lapangan Lumintang Denpasar.

Kegiatan ini di buka langsung Wali Kota Denpasar, IGN. Jaya Negara ditandai dengan pemotongan pita dan penancapan bendera pada pohon bonsai.

Tampak hadir juga dalam kesempatan ini Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gst. Ngurah Gede, Sekda Kota Denpasar, IB. Alit Wiradana, Kepala Dinas DLHK Kota Denpasar, IB. Putra Wirabawa dan unsur terkait lainnya.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kota Denpasar yang telah menyelanggaraan kontes dan pameran bonsai the max 30 cm ini yang bertepatan juga dengan pelaksanaan Denpasar Festival 15, berarti ini sudah ada kolaborasi antara asosiasi dengan Pemkot Denpasar,” ungkap Jaya Negara saat ditemui disela-sela peninjauan pameran.

Baca Juga :  Triwulan I Tahun 2024, Total Penerimaan Pajak Daerah di Kota Denpasar Capai Rp262 Miliar

Lebih lanjut dikatakan, dengan dilaksanakannya pameran ini bisa menjadi satu hiburan bagi masyarakat Denpasar dan juga edukasi tentang seni pohon bonsai.  Kedepanya diharapkan para penggemar bonsai ini bisa berkolaborasi dengan kegiatan Denfest agar masyarakat Denpasar juga bisa merasakan dan ikut serta melestarikan tanaman bonsai ini yang juga memiliki unsur budaya di dalamnya.

Sementara Ketua PPBI Kota Denpasar, I Wayan Suka mengatakan, Pameran kali ini Ribuan bonsai dipamerkan dan bentuknya sangat asri. Yang dipamerkan bukan sekadar tanaman tapi juga ada kreasi seninya. Jumlahnya sekitar 1.007 bonsai dipamerkan di Lapangan Lumintang Denpasar yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kota Denpasar dilaksanakan dimulai 16 sampai 25 Desember. Peserta yang mengikuti kegiatan ini dari seluruh Indonesia, bahkan ada juga dari luar negeri yang langsung datang membawa bonsai dari Vietnam.

Baca Juga :  Dealer Asia Motor Jalin Keakraban Konsumen Lewat “Stylo Fashion Ride”

Adapun ukuran bonsai harus maksimal tinggi 30 sentimeter karena dari nama acaranya Bonsai The Max 30 cm dan bentangnya satu meter. Menariknya, doorprize merebutkan rumah di Jembrana. Pohon yang dipamerkan adalah budidaya yang bertujuan melestarikan alam.

“Kami ingin mengenalkan bonsai serta edukasi pelestarian alam dan melestarikan lingkungan serta menghindari kerusakan alam,” ungkapnya.

Jenis tanaman yang ada diantaranya ada jenis Sancang, Sianci, Cemara, Santigi. Harganya sangat fantastis sampai Rp500 juta.

“Harapan kami setiap tahun berikutnya lebih bertambah, event pertama 745. Sekarang event meningkat tembus 1.000,” ujarnya.

Baca Juga :  Fokus Pada Keamanan Wilayah, Banjar Tegalkuwalon Gelar Pendataan Duktang

Pameran bonsai ini ada tiga kategori lomba, prospek, madya dan pratama. Peserta sangat antusias mengikuti acara ini karena jumlahnya sangat banyak.  Wayan Suka juga mengklaim dengan acara ini juga berdampak pada perekonomian khususnya pariwisata.

“Peserta kan pasti nginap di hotel,” ucapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News