Komunitas Tani Tukad Turbin
Isi Jeda Semester, Siswa SDN 4 Sumerta Belajar Bercocok Tanam di Komunitas Tani Tukad Turbin. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam mengisi waktu jeda semester, siswa SDN 4 Sumerta melakukan kunjungan ke Komunitas Tani Tukad Empelan Turbin Desa Sumerta Kelod, Senin (5/12/2022).

Perbekel Desa Sumerta Kelod, I Gusti Ketut Anom Suardana mengatakan, anak-anak SDN 4 Sumerta telah usai melaksanakan ujian semester. Untuk mengisi jeda maka dilaksanakan kunjungan Komunitas Tani untuk belajar bercocok tanam.

“Kegiatan ini juga dalam upaya meningkatkan keterampilan sensor sensorik dan motorik bagi anak-anak sekaligus mendekatkan anak-anak kepada alam,” jelasnya.

Dalam kunjungan edukasi yang dipandu langsung Perbekel Sumerta Kelod dan pengurus kelompok tani tersebut, anak-anak dikenalkan dengan berbagai jenis tanaman sayuran yang ditanam di kebun dan yang biasa mereka konsumsi di rumah. Selain itu anak-anak juga diajak untuk melakukan perawatan tanaman seperti menyiram tanaman, mengamati hama tanaman dan juga memanen sayuran.

Baca Juga :  Deteksi Dini Pohon Rawan Tumbang Dimusim Hujan, Desa Sumerta Kelod dan BPBD Denpasar Lakukan Perompesan Sepanjang Jalan Tukad Unda II

Melalui kegiatan edukasi semacam ini diharapkan anak-anak lebih mengenal proses pertumbuhan tanaman, dan tumbuh kecintaannya terhadap pertanian. Hal seperti ini juga dapat mendorong anak agar lebih suka mengkonsumsi sayuran.

Lebih lanjut ia mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari. Untuk hari ini merupakan yang pertama dan diikuti oleh anak kelas 4.

“Melalui kegiatan edukasi semacam ini diharapkan anak-anak lebih mengenal proses pertumbuhan tanaman, dan tumbuh kecintaannya terhadap pertanian,” harap Anom Suardana.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini