Rumah Harapan
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Ketua K3S Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara saat peresmian Graha Nawasena Rumah Harapan Disabilitas Kota Denpasar, Jumat (2/12/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara meresmikan Graha Nawasena Rumah Harapan Disabilitas Kota Denpasar, Jumat (2/12/2022). Sebagai pengelolanya, turut dikenalkan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Gantari Jaya yang digawangi penyandang disabilitas kreatif Kota Denpasar. Peresmian ini diharapkan mampu menjadi ruang inspirasi dan inovasi guna menggugah semangat wirausaha penyandangan disabilitas di Kota Denpasar.

Hadir langsung Ketua K3S Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Sekda Kota Denpasar, IB. Alit Wiradana, Ketua Komisi III DPRD Kota Denpasar, Eko Supriyadi, Ketua Komisi IV DPRD Kota Denpasar, I Wayan Duaja, Anggota DPRD Provinsi Bali, Ni Wayan Sari Galung, Anggota DPRD Kota Denpasar, Cintya Febriyani, Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. IA. Widnyani Wiradana, Kadis Sosial Kota Denpasar, Gusti Ayu Laxmy Saraswati serta undangan lainnya.

Baca Juga :  Launching Pojok IKM, Inovasi Dekranasda Tabanan Dalam Mempopulerkan IKM/UMKM di Tabanan

Usai peresmian, Wali Kota Jaya Negara bersama seluruh undangan turut menulis pesan semangat bagi penyandang disabilitas Kota Denpasar yang tergabung dalam wadah bernama Graha Nawasena Rumah Harapan.

“Rumah inspirasi dan rumah kreatif untuk mengangkat harkat dan martabat para penyandang disabilitas Kota Denpasar,” tulis Jaya Negara disebuah papan berlatar putih.

Dijumpai usai kegiatan, Wali Kota Jaya Negara menjelaskan, Kota Denpasar dengan spirit Vasudhaiva Khutumbakam secara berkelanjutan terus mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, termasuk penyandang disabilitas.

“Diresmikanya Graha Nawasena Rumah Harapan ini merupakan wujud nyata komitmen pemerintah dalam mewujudkan Denpasar sebagai kota inklusif yang ramah disabilitas. Sehingga nantinya keberadaan disabilitas memiliki kesetaraan dalam memperoleh hak dan bersaing di berbagai bidang,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, keterbatasan bukanlah suatu penghambat dalam menciptakan pengabdian bagi bangsa dan negara. Dari Graha Nawasena ini diharapkan mampu menggugah inspirasi dan inovasi serta menjadi wahana edukasi guna menggugah semangat wirausaha disabilitas. Sehingga secara berkelanjutan dapat meningkatkan harkat dan martabat penyandang disabilitas.

“Saya yakin, jika para penyandang disabilitas kita berikan kesempatan, tentu secara berkelanjutan mampu berdaya saing dan menciptakan peluangnya sendiri di berbagai bidang,” jelasnya

Ketua K3S Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengatakan, persemian Graha Nawasena dan KUBE Gantari Jaya ini merupakan upaya  untuk meningkatan kesetaraan, kesempatan dan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. Hal ini dilaksanakan dengan menjamin pendidikan, akses kesehatan, akses pekerjaan serta akses berwirausaha secara mandiri. Sehingga mampu memenuhi hak penyandang disabilitas dalam rangka menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Dikatakanya, program ini juga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan dan pemenuhan perlindungan bagi penyandang disabilitas. Sehingga mampu mendukung terciptanya solidaritas dalam meletakkan dasar perlindungan dan pemenuhan hak disabilitas secara inklusif dan berkesinambungan.

Baca Juga :  Ciptakan Efisiensi dan Transparansi Transaksi, Wali Kota Jaya Negara Launching dan Implementasikan QRIS BPD Bali di RSUD Wangaya

“Tentunya harapan kami secara berkelenjutan semua pihak dalam memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi penyandang disabilitas untuk terus mengasah kreativitas, inovatif dan berbahagia,” ujarnya.

Sementara salah seorang penyandang disabilitas, I Nyoman Juniarta yang juga selaku Ketua KUBE Gantari Jaya memberikan apresiasi atas diremikannya Graha Nawasena Rumah Harapan ini. Tentunya sesuai dengan namanya, ruang ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan, kreativitas dan inovasi penyandang disabilitas.

Dijelaskan Juniarta, pada kegiatan kali ini turut dilibatkan 15 UMKM yang merupakan usaha dari penyandang disabilitas Kota Denpasar. Pihaknya juga mengajak seluruh penyandang disabilitas Kota Denpasar untuk bersatu padu saling mengisi diri untuk kemajuan bersama.

“Kami berharap ruang ini dapat menjadi wadah bagi penyandang disabilitas untuk berkreasi sehingga bisa sukses menyinari para penyandang disabilitas lainya untuk tetap semangat, aktif demi masa depan yang lebih baik,” harapanya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini