Wali Kota Denpasar
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana, dan Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara saat menyerahkan piagam penghargaan dan uang pembinaan sekaligus menutup Parade Gong Kebyar Anak-Anak dan Wanita se-Kota Denpasar di Dharma Negara Alaya Kota Denpasar, Minggu (19/12/2022) malam. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Komitmen Pemkot Denpasar dalam melastarikan, melindungi dan mengembangkan seni budaya Bali patut diacungi jempol. Hal ini terbukti lewat pelaksanaanParade Gong Kebyar Anak-Anak dan Wanita se-Kota Denpasar yang berlangsung sukses dengan menetapkan sebanyak 2 sekeha berpenampilan terbaik. Keduanya yakni Sekeha Gong Kencana Wiguna, Banjar Kehen, Desa Kesiman Petilan dan Sekeha Gong Wahana Swara Githa, WHDI Kota Denpasar.

Tak ketinggalan, setelah sehari sebelumnya membuka secara resmi, Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana, Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Widnyani Wiradana dan Kadisbud Kota Denpasar, Raka Purwantara kompak hadir di hari kedua untuk menyaksikan pelaksanaan parade serta menyerahkan piagam penghargaan bagi peserta dan sekeha berpenampilan terbaik.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Lepas Peserta Program Mudik Gratis Ikawangi

Usai pelaksanaan lomba, Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan, Pemerintah Kota Denpasar menggelar Parade Gong Kebyar Anak-Anak dan Wanita guna memberikan pembinaan dan pengembangan sekaligus pelestarian seni Gong Kebyar. Sehingga mampu memberikan kesempatan kepada para generasi muda menujukkan tehniknya serta memanfaatkan olah kreativitas dalam permainan Gong Kebyar.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, diharapkan anak muda Kota Denpasar tidak berhenti berkreativitas. Sehingga parade ini dapat menjadi program padat karya berbasis seni budaya dan kreativitas. Jaya Negara juga mengapresiasi antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan ini yang telah menunjukan performa yang terbaik.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Hadiri Puncak Karya Angasti Puja Atma Wedana Griya Gede Telaga Tegal

“Sebagai Kota yang heterogen, parade ini dilaksanakan pembinaan untuk disiapkan sebagai Duta Kota Denpasar kedepannya, kami bangga melihat anak-anak muda tetap berkreatifitas dan tidak kehilangan jati diri, bahkan semua peserta penampilannya luar biasa, parade gong kebyar ini merupakan momentum pembinaan ciptakan bibit seni terbaik,” ujar Jaya Negara.

Pihaknya juga mengajak seluruh peserta yang belum berhasil menjadi yang terbaik agar tidak patah semangat. Hal ini lantaran kegiatan serupa akan digelar secara berkelanjutan untuk memberikan wadah kreativitas bagi seniman muda Kota Denpasar.

Baca Juga :  Eksekutif dan Legislatif Provinsi Bali Saling Dukung Bahas 2 Raperda Menjadi Perda

“Semua sekeha luar biasa, bagi yang belum menjadi yang terbaik jangan patah semangat, harus terus belajar dan berlatih, kedepan masih bisa terus berkompetisi yang utamanya untuk melestarikan seni dan budaya Bali,” ujarnya.

Sementara, Kadisbud Kota Denpasar, Raka Purwantara menjelaskan, dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan ini, semua sekaa peserta parade diberikan dana pembinaan masing-masing sebesar Rp30.000.000,- dan Piagam penghargaan. Sedangkan bagi 2 Peserta Penampilan Terbaik yaitu 1 Sekaa Gong Kebyar Anak-Anak dan 1 Sekaa Gong Kebyar Wanita berdasarkan hasil keputusan Tim Pengamat, akan diberikan tambahan dana pembinaan berupa uang masing-masing sebesar Rp8.000.000,- dipotong pajak.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News