ft unud
FT Unud Laksanakan Kuliah Tamu bersama Dosen dari Department of Chemistry Texas. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kuliah Tamu dengan topik ‘Thfazole Ladder Polymers for Plastic Electronis and Organic Solar Cells’ yang dilaksanakan di Ruang Sidang II Fakultas Teknik Universitas Udayana pada Rabu (7/12/2022).

Materi kuliah tamu kali ini dibawakan oleh Mohammed Al-Hashimi, PhD, FRSC yang merupakan dosen dari Department of Chemistry, Texas A&M University at Qatar. Kuliah tamu ini diikuti oleh mahasiswa dari 3 Program Studi terkait dimulai dari Program Studi Kimia, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro yang ada di linkungan Fakultas Teknik Universitas Udayana.

Baca Juga :  Siapkan Talenta Penerus, Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik Selenggarakan Jegeg Bagus

Adapun materi yang dibawakan, membahas mengenai plastik elektronik yang telah membuat kemajuan komersial dan ilmiah yang besar selama dekade terakhir, terutama didorong oleh potensi aplikasi seperti transistor efek medan untuk backplanes fleksibel dan e-paper, dan sel surya untuk pembangkit energi area yang luas. ID TechEx, perusahaan riset pasar yang berbasis di Inggris, memperkirakan bahwa selama dua dekade terakhir investasi global dalam teknologi elektronik plastik telah melebihi $10 miliar AS.

“Bidang semikonduktor organik terkonjugasi telah meningkat secara signifikan selama dekade terakhir karena penelitian ekstensif yang telah dilakukan untuk pembuatan elektronik plastik cetak yang hemat biaya, luas, dan fleksibel,” jelasnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Layanan, Rumah Sakit Hewan Pendidikan Fakultas Kedokteran Hewan Unud Tambah Perangkat Komputer

Di antara polimer terkonjugasi, unit donor-akseptor (DA) bolak-balik digunakan secara luas dalam pembuatan fotovoltaik organik (OPV), dan transistor efek medan organik (OFET). Dengan modifikasi khusus dari bagian D-A, seseorang dapat secara progresif menyesuaikan tingkat energi dan sifat penyerapan serta meningkatkan koplanaritas tulang punggung polimer dan konektivitas antar-rantai, yang mengarah pada pengembangan semikonduktor organik yang unggul, termasuk mobilitas pembawa yang lebih tinggi dan efisiensi konversi daya fotovoltaik (PCE).

Selain membahas mengenai plastic elektronik, beliau selaku pemateri juga menyempatkan diri berbincang dengan wakil dekan II Fakultas Teknik Universitas Udayana, Prof. I Nyoman Suprapta Winaya, ST., MA.Sc., Ph.D., dalam perbincangannya beliau membahas bagaimana kerjasama kedepannya untuk meningkatkan minat mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Udayana untuk melakukan study banding mengenai perkembangan energi elektronik berbasis surya. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini