dwp unud
Dharma Wanita Persatuan Universitas Udayana Rayakan HUT ke-23. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Dharma Wanita Persatuan Universitas Udayana (DWP Unud) merayakan HUT ke-23 bertempat di Ruang Nusa Gedung Rektorat Kampus Jimbaran, Rabu (7/12/2022). Perayaan ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua DWP Unud yang dirangkaikan dengan kegiatan sharing Etika dan Estetika dalam Berbusana ke Kantor, Gala Dinner dan Busana Kundangan. Narasumber dalam kegiatan ini yakni Kadek Wira Dika Saskara, S.Tr.Ds., M.Sn.

Ketua DWP Unud Ny. Ida Ayu Bulan Antara dalam sambutannya menyampaikan HUT ke-23 DWP Unud tepat jatuh pada tanggal 7 Desember 2022. Sementara cikal bakal DWP terbentuk pada tanggal 5 Agustus 1974, dimana DWP pada saat itu masih dikenal dengan Dharma Wanita saja yang mana organisasi wanita terbesar ini beranggotakan istri-istri dari aparatur sipil negara, istri-istri dari angkatan bersenjata dan istri dari pegawai BUMN.

Baca Juga :  Berpeluang Raup Omzet Miliaran Rupiah, Menjadi Petani Bukanlah Pekerjaan Kelas Rendah

Kemudian pada masa reformasi pada tahun 1998, organisasi ini tidak boleh bermuatan politik dan menjadi organisasi perempuan yang independen dan sangat demokratis. Pada masa pemerintahan Presiden K.H. Abdurrahman Wahid berubahlah namanya sesuai dengan nama kabinet saat itu menjadi nama seperti saat ini yakni Dharma Wanita Persatuan.

“Pada Munas luar biasa yang diselenggarakan pada tanggal 6-7 Desember 1999, disana dalam rancangan anggaran dasar Dharma Wanita Persatuan ditetapkan bahwa organisasi kemasyarakatan wanita yang terbesar di Indonesia ini bergerak di tiga bidang yaitu bidang pendidikan, bidang ekonomi dan bidang sosial budaya,” paparnya.

Lebih lanjut Ketua DWP Unud menyampaikan bahwa bulan lalu pengurus DWP Unud berkumpul di Jakarta, dimana DWP Unud berada dibawah DWP Ditjendiktiristek dengan Ketua Ny. Prof. Nizam dan juga diadakan rapat koordinasi kemudian terbentuklah forum silaturahmi istri-istri Rektor seluruh Indonesia yang diberi nama Forsidanita (Forum Silaturahmi Perkumpulan Ketua-Ketua DWP PTN Se Indonesia). Unud bersama 57 universitas lainnya masuk menjadi bagian ketiga yang diketuai oleh istri Rektor Universitas Hasanuddin. Pada bulan lalu kegiatan dilaksanakan di IPB yang diisi dengan kegiatan tour, bazzar, silaturahmi di convention centre IPB.

Pada kegiatan tersebut juga berkesempatan untuk mengunjungi kebun percobaan Fakultas Pertanian IPB, melakukan praktek penanaman melon. Disana juga ada budidaya anggrek bulan warna ungu dan sayur mayur. Forsidanita diakhiri dengan kegiatan Gala Dinner. Forsidanita ini merupakan forum pertama silaturahmi untuk memupuk rasa kegotong royongan dan kekeluargaan serta menambah wawasan melalui sharing antar para istri-istri Rektor.

Baca Juga :  Ikatan Alumni Universitas Udayana (IKAYANA) Rayakan HUT ke-48

Sebagai pendamping para pimpinan di Unud hendaknya DWP bisa menerapkan Panca Dharma Wanita yakni (1) bisa menjalankan fungsi sebagai pendamping suami yang setia, (2) mampu menghasilkan generasi penerus, (3) melakukan fungsi mendidik dan mengasuh anak, (4) mencari nafkah atau penghasilan tambahan untuk keluarga, dan (5) berguna bagi masyarakat disekitar, bangsa dan negara. Hendaknya juga mampu menjaga nama baik sendiri, suami dan institusi. Melalui kesempatan tersebut Ketua DWP juga mengucapkan Dirgahayu ke-23 DWP Unud semoga selalu sukses, kompak dan bersatu padu memajukan organisasi DWP Unud.

Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara juga berkesempatan hadir dalam perayaan HUT ke-21 DWP Unud ini. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini