Desa Songan
Bupati Sedana Arta Resmikan Dua Ruas Jalan di Desa Songan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Tidak hanya terfokus pada pambangunan penataan wajah Kota Bangli, melaui Visi ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Kabupaten Bangli menuju Bangli Era Baru’, demi kesejahteraan seluruh masyarakat Bangli, Pemerintah Kabupaten  Bangli juga merealisasikan beberapa pembangunan infrastruktur pedesaan, salah satunya adalah  jalan Bantas – Belandingan dan rekonstruksi pengerasan bahu jalan Pura Yeh Panes – Pura Penegtegan yang berlokasi di Desa Songan Kecamatan Kintamani, yang diresmikan oleh Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, pada Kamis (15/12/2022). Bertempat di Wantilan Pura Ulun Danu Batur, Desa Adat Songan, Kintamani.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas PUPR Perkim Kabupaten Bangli, I Dewa Ngakan Ketut Widnyana Maya, para Assisten dan staff ahli bupati,  pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bangli, Tim Percerpatan Pembangunan Kabupaten Bangli, Camat Kintamani, Konsultan, Pernyedia Jasa, Kepala Desa Songan A dan Songan B,Ketua Pura Ulun Danu Batur Desa Songan,  serta masyarakat setempat, diawali dengan Safari Jeep The Black Lava Tour Bersama Komunitas Jeep KAJA dan Komunitas Jeep KAIT menuju Pura Ulun Danu Desa Adat Songan yang merupakan lokasi acara peresmian jalan tersebut.

Kepala Dinas PUPR Perkim Kabupaten Bangli, I Dewa Ngakan Ketut Widnyana Maya, dalam laporannya menyampaikan, Jalan Bantas – Belandingan memiliki Panjang 3 Kilometer dan lebar 3,5 meter dengan alokasi anggaran sesuai nilai kontrak 4,5 Miliar. Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi program Bupati Bangli untuk terus mengembangkan pembangunan dalam menggelorakan pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya yang berada di Desa Songan.

“Dalam proses pembangunan jalan tersebut beberapa kendala dialami oleh pihak PUPR, mengingat aktivitas lalu lintas sangat krodit di jalan tersebut, namun berkat bantuan dan partisipasi dari para tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat setempat sehingga proses pengerjaan jalan dapat berjalan dengan lancer,” ujar I Dewa Ngakan Ketut Widnyana Maya.

Baca Juga :  Wagub Sudikerta Dorong Sinergitas Semua Pihak Dalam Pemberantasan Rabies

Swadayanya masyarakat yang sangat luar biasa sangat mendukung pembangunan jalan tersebut, yang mana hampir sepanjang 3 Kilometer jalan yang dibangun, 2 meter pelebarannya merupakan swadaya dari masyarakat yang merelakan tanahnya dipergunakan untuk pelebaran jalan, sehingga jalan menjadi lebih luas dan bisa dilalui kendaraan dari dua arah. Kemudian untuk ruas jalan Pura Yeh Panes – Pura Penegtegan ini lebih kepada revitalisasi peningkatan kapasitas jalan, yang sebelumnya lebarnya kurang lebih 4 sampai 5 meter sekarang sudah menjadi 7 meter, dalam kegiatan ini dukungan masyarakat juga sangat tinggi sehingga pengerjaan bisa selesai kurang dari 1 bulan.

Sementara itu, Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta dalam sambutannya mengatakan, bahwa potensi Desa Songan sangat luar biasa, selain pemandangan alam yang indah, kalau dilihat dari tingkat perekonomian desa, desa Songan adalah tertinggi di Kabupaten Bangli, cirinya jelas, bisa dilihat dari posisi warung yang sangat berdekatan satu sama lainnya, hampir setiap rumah ada warung, dan semua warung tersebut hidup, ini membuktikan bahwa perekonomian di Desa Songan berjalan dengan baik.

Baca Juga :  Badung Serius Wujudkan Kebijakan Penyelenggaraan Kemudahan Berusaha

“Dari sektor pariwisata Desa Songan juga memiliki potensi yang sangat luar biasa. Maka dari itu saya mengajak seluruh masyarakat Desa Songan untuk bersyukur, karena semua ini adalah berkah daripada Ida Betara Dewi Danu,” paparnya.

Bupati Asal Desa Sulahan tersebut juga mengajak seluruh komponen masyarakat serta komunitas-komunitas yang ada di Desa Songan untuk bersama- sama serius membangun Desa Songan, khususnya dalam bidang  pariwisata. Maka untuk menjadikan Pariwisata menjadi lebih baik.

“Kita harus memperhatikanbeberapa aspek seperti pelayanan, kebersihan, serta kenyamanan dari para wisatawan, agar nantinya pariwisata Desa Songan dapat tumbuh dan berkembang  bahkan lebih dari daerah lain yang ada di Bali. Pemerintah Kabupaten Bangli akan selalu mendukung upaya-upaya peningkatan perekonomian masyarakat Bangli,” imbuhnya.

Baca Juga :  Menristekdikti Jadi Pembina Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Unpad

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam pembangunan jalan tersebut.

“Semoga dengan dibangunya jalan ini, perekonomian masyarakat bisa meningkat dari sektor pariwisata dan bidang lainnya seperti pertanian, perkebunan, perikanan, dan jasa,” tambahnya.

Selanjutnya, Ketua Panitia Pura Ulun Danu Songan, I Gede Darmawa dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangli dibawah Kepemimpinan Bupati Sang Nyoman Sedana Arta dan Wakil Bupati I Wayan Diar, yang telah merealisasikan pembangunan jalan di Desa Songan, sehingga dapat mengurangi permasalahan kemacetan, yang mana dari dulu permasalah yang paling signifikan di Songan adalah masalah kemacetan.

“Ini merupakan bentuk nyata kepedulian pemerintah terhadap masyarakat songan,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat Songan untuk mendukung keberlanjutan pembangunan yang dilaksanakan oleh Bupati Bangli. Sebagai penutup dari rangkaian acara Peresmian jalan ini, Bupati Bangli di dampingi Pimpinan OPD yang hadir berkesempatan melaksanakan touring Black Lava Tour, sekaligus menyusuri jalan yang diresmikan tersebut. (bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini