lomba masak
Antari Jaya Negara Sebut Lomba Masak Makanan Sehat Bergizi, Implementasi Program Pokok PKK. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara hadir sekaligus membuka gelaran Lomba Masak Olahan Menu Sehat dan Bergizi yang diselenggarakan TP PKK Kelurahan Sumerta pada Sabtu (17/12/2022) di Kantor Kelurahan Sumerta. Ny. Antari Jaya Negara mengapresiasi penyelenggaraan lomba ini karena selain dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-94, juga merupakan bentuk implementasi 10 program pokok PKK dalam upaya pencegahan stunting.

Ny. Antari Jaya Negara yang didampingi Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana di hadapan para peserta lomba yang mengusung tema ‘Ceria dan Sehat Bersama Keluarga, Perempuan Indonesia Maju’ itu mengapresiasi  pelaksanaan lomba ini sebagai sebuah bentuk implementasi program pokok PKK.

Baca Juga :  Hadiri Ngingsirang Ida Batara di Pura Ratu Gede Batu Madeg Kapal, Bupati Serahkan Hibah 400 Juta Rupiah

“Apalagi dalam hal ini, bahan pangan yang digunakan merupakan bahan pangan lokal yang bergizi. Ini tentu sangat sesuai dengan program pencegahan stunting yang sedang gencar dilakukan oleh TP PKK Kota Denpasar,”   kata Ny. Antari Jaya Negara.

Untuk menarik perhatian dan minat makan anak-anak, Ny. Antari Jaya Negara mengajak agar para orang tua lebih dapat berkreasi dalam menata dan menyajikan hidangan terutama yang banyak mengandung sayur dan buah buahan.

“Kita harus banyak berinovasi dan berkreasi terutama dalam mengolah sayuran untuk anak-anak. Jadi saya berharap, gerakan makan sehat dan bergizi dapat terus dilakukan setiap harinya,” harap Ny. Antari Jaya Negara.

Peserta lomba memasak ini sendiri merupakan perwakilan tim dari seluruh lingkungan yang berada di wilayah Kelurahan Sumerta. Masing masing tim terdiri dari 3 orang, yakni Kepala Lingkungan beserta istri serta 1 orang kader PKK.

Baca Juga :  Dandim Badung Terjun Langsung ke Lokasi Penerapan PPKM Darurat

Ketua TP PKK Kelurahan Sumerta, Ny. Dewi Anggraeni Apriana menjelaskan, para peserta lomba wajib memasak 3 macam menu. Yakni, menu nugget sehat dan bergizi, menu nasi goreng sehat dan juga menu pudding yang bekomposisi dari buah-buahan.

“Menu yang harus disajikan memang diwajibkan diolah menjadi masakan yang sehat dan bergizi. Kami berfokus pada pengolahan makanan sehat agar tidak saja enak namun juga bermanfaat dan bergizi bagi keluarga,” kata Ny. Dewi Anggraeni Apriana.

Adapun Juri yang yang didaulat menilai lomba ini adalah dua orang Dosen Poltekkes Denpasar, yakni Dr. Ir. I Komang Agusjaya Mataram, M.Kes serta Ni Putu Agustini, S.Km., M.Si., Kedua juri tersebut menilai beberapa kriteria penilaian.

Baca Juga :  Membeludak, Umat Hindu Sembahyang di Pura Luhur Pakendungan

Antara lain, kekompakan antara tim, teknis memasak, rasa sajian masakan, ketepatan waktu memasak dan juga tampilan saat memasak.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini