Hari Pahlawan
Sekda Badung, I Wayan Adi Arnawa selaku Inspektur Upacara saat memimpin apel peringatan Hari Pahlawan Ke-77, di Kabupaten Badung yang dilaksanakan di Lapangan Umum Prabu I Gusti Ngurah Jania, Kelurahan Sading, Mengwi, Kamis (10/11/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Upacara peringatan Hari Pahlawan Ke-77, 10 November 2022 di Kabupaten Badung dilaksanakan di Lapangan Umum Prabu I Gusti Ngurah Jania, Kelurahan Sading, Mengwi, Kamis (10/11/2022). Selaku Inspektur Upacara Sekda Badung, I Wayan Adi Arnawa dan Komandan Upacara, Kabag Kerjasama Setda Badung, I.A Yutri Indah Gustari. Peringatan Hari Pahlawan tahun ini mengambil tema ‘Pahlawanku Teladanku’, diikuti Ketua DPRD Badung, I Putu Parwata beserta Forkompinda Badung, para Veteran, Pimpinan Perangkat Daerah, ASN, TNI/Polri serta para Pelajar.

Upacara berjalan tertib dan khidmat, diisi pengibaran bendera merah putih, pembacaan naskah Pancasila, pembacaan naskah UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan pembacaan pesan-pesan Pahlawan.

Amanat Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini yang dibacakan Sekda Badung, Adi Arnawa menekankan, para pahlawan telah memberi teladan, mengajarkan beragam nilai untuk ditiru, diwarisi serta ikuti, sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman.

“Dengan senjata, dengan pemikiran, dengan karya-karya nyata, para pahlawan bangsa menyadarkan kepada kita, bahwa kita bukan bangsa pecundang. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi, dengan tangan mengepal dan dada menggelora. Dari Aceh hingga Papua, kami melihat dan merasakan geliat semangat untuk bangkit makin menyala,” jelasnya.

Baca Juga :  Jaksa Agung RI H. M. Prasetyo Resmikan Kantor Kejaksaan Badung di Mengwi

Mensos melihat, masyarakat dimanapun berada telah menyuarakan berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dalam arti luas. Mulai dari meningkatkan pengetahuan, melatih keterampilan, sampai dengan budidaya dan pengelolaan hasil bumi. Inilah tantangan sesungguhnya bagi pejuang muda untuk mengelola kekayaan alam yang luar biasa, bagi kejayaan bangsa dan negara tercinta.

“Mari kita wujudkan kesejahteraan menjadi pahlawan bangsa dimasa depan. Teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma, akan menjadi semangat kita di peringatan hari pahlawan tahun ini, ‘Pahlawanku Teladanku’,” ucapnya.

Baca Juga :  Komnas Anak : Kita Doakan Bang Salam Menjadi Bupati Tanggamus

Dengan semangat pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, peringatan hari pahlawan 2022 dapat memberi energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu, membantu, tanpa memandang sekat. Jangan mau kita dipecah belah. Ingatlah sloka Bhinneka Tunggal Ika.

“Mari kita perkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai, menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya,” pintanya.

Ditemui usai upacara, Sekda Adi Arnawa menyampaikan bahwa hari pahlawan ini sebagai momentum bagi semua mewujudkan bangsa yang besar yang menghargai jasa pahlawan. Implementasinya adalah bagaimana perjuangan kedepan mengisi kemerdekaan dengan cara menghadapi tantangan baik itu kemiskinan maupun kebodohan. Untuk itu perlu meningkatkan sumber daya manusia, menuju membangun Indonesia maju di tahun 2045.

Baca Juga :  Pasar Murah Menyambut Hari Raya Nyepi

“Untuk mewujudkan Indonesia maju dibutuhkan SDM unggul, dalam rangka melanjutkan semangat perjuangan para pahlawan. Untuk menghadapi kebodohan, kemiskinan termasuk ancaman kekinian yakni ancaman menghadapi Covid-19, termasuk radikalisme,” tambahnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini