fkp unud
FKP Unud ikuti SAKURA Program di Kwansei Gakuin University Jepang. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEPANG –  Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana menjadi salah satu peserta dalam kegiatan Sakura Program yang diselenggarakan oleh Kwansei Gakuin University (KGU) di Jepang. Kegiatan student exchange ini diwakili oleh 7 mahasiswa dan 1 dosen FKP Unud Dewa Ayu Angga Pebriani, S.Pi, M.P.

“Sakura Program merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan tiap tahun pada bulan Oktober-November. Kegiatan Sakura Program tidak terlaksana selama 2 tahun karena pandemic Covid-19,” ucap Dewa Ayu.

Tahun ini Sakura Program dilaksanakan agak berbeda dengan tahun sebelumnya karena tidak ada perayaan pembukaan dan penutupan. Selain itu peserta dibatasi jumlahnya dan dilakukan secara bertahap.

Pada kesempatan kali ini FKP, Unud bersama dengan Universitas Padjajaran menjadi peserta pada rentang waktu yang sama yaitu 26 Oktober – 1 November 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk sharing ilmu dan memperkenalkan budaya Jepang kepada peserta. Peserta diberikan materi dan praktek tentang protein bioinformatics, bioimaging of living cells, dan water quality.

Baca Juga :  Bahas Rabies, FKH Unud Bersama Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Gelar Sarasehan

Protein bioinformatics mempelajari tentang penerapan teknik komputasional untuk mengelola dan menganalisis informasi biologis, pemaparan dan praktek langsung dijelaskan oleh Profesor Toh.

Materi bioimaging of living cells diberikan oleh Profesor Ikuko Yao, pada kesempatan ini mahasiswa diajarkan tentang cara mengamati sel hidup dengan beberapa instrument yang ada. Materi tentang Water Quality dilakukan setelah pengambilan sampel air di Arima Hot Spring Bersama dengan Profesor Tsuboi. Selain itu mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa daerah wisata seperti Kyoto Arashiyama dan Osaka.

Baca Juga :  633 Atlet Ikuti Rektor Cup Pertama Universitas Udayana

Pada akhir kegiatan mahasiswa diwajibkan melakukan presentasi mengenai materi yang telah diberikan oleh dosen dari KGU. Mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti semua kegiatan. Pengalaman yang diperoleh tentu meningkatkan minat mahasiswa untuk melanjutkan studi di Negeri Sakura ini. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini