Team Weimana Udayana
Team Weimana Udayana kembali Unjuk Gigi Ikuti Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Tahun 2022 ini Team Weimana Udayana kembali unjuk gigi untuk mengikuti ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE). Agnijaya Evo II yang merupakan kendaraan terbaru yang diusung tahun inipun, berhasil lolos ke tahap final kategori Urban Motor Listrik. Hal ini menjadikan Team Weimana Udayana berhasil lolos ke tahap final KMHE edisi 2 tahun terakhir, yang mana di tahun sebelumnya, Team Weimana Udayana berhasil meraih Juara 2 dalam kategori yang sama.

“Kendaraan yang kami rancang tahun ini adalah hasil dari evaluasi team secara keseluruhan berdasarkan kekurangan-kekurangan yang ada pada kendaraan Agnijaya edisi sebelumnya. Merancang ulang kendaraan dari chasis, body, sistem penggerak, hingga memperbarui baterai sebagai sumber daya kendaraan, merupakan upaya serius kami dalam mengikuti KMHE tahun ini. Dengan lolosnya ke tahap Final ini, menjadikan kami sudah selangkah lagi untuk meraih gelar juara. Jika semua berjalan lancar, besar harapan kami untuk dapat naik podium Kembali,” Ucap Wahyu Saputra selaku Ketua UKM Weimana Universitas Udayana, Minggu (30/10/2022)

Baca Juga :  Elik Astari Raih Gelar Doktor pada PS Doktor Manajemen FEB Unud

Ajang KMHE tahun ini diselenggarakan oleh Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya bersama dengan Puspresnas Kemendikbudristek di Sirkuit Gelora Bung Tomo, Kota Surabaya Jawa Timur, Indonesia pada 31 Oktober sampai dengan 4 November 2022.

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) merupakan ajang perlombaan yang menguji kemampuan sebuah tim untuk dapat merancang dan membangun kendaraan yang irit, aman dan ramah lingkungan. Peserta dituntut untuk dapat merancang dan mewujudkan kreativitasnya dalam bentuk sebuah kendaraan orisinil yang efisien. Semakin efisien sebuah kendaraan yang dirancang oleh sebuah tim, maka semakin besar peluang tim tersebut untuk juara. Disamping membangun kendaraan yang efisien, kesesuaian kendaraan dengan regulasi yang berlaku juga menjadi faktor penting untuk dapat memperoleh poin.

Baca Juga :  BEM FTP Unud lakukan Study Banding dengan BEM FTP UGM Guna Tingkatkan Kualitas Program Kerja Mahasiswa

Peserta KMHE 2022 ini adalah mahasiswa dari seluruh Universitas/Institut/Politeknik di Indonesia yang telah lolos seleksi proposal desain kendaraan sesuai dengan aturan atau regulasi yang telah ditetapkan oleh panitia. Seleksi proposal desain kendaraan merupakan tahapan pertama sebelum sebuah tim dinyatakan lolos mejadi peserta KMHE.

Hanya ada 6 dari 12 Team untuk kategori Urban Motor Listrik termasuk Team Weimana Udayana yang berhasil untuk lolos ke tahap Final. Adapun tahapan-tahapan seleksi yang telah dilalui oleh Tim Weimana Udayana untuk melaju ke tahap akhir adalah pembuatan proposal laporan desain kendaraan dan video virtual technical inspection (VTI). Setelah lolos dua tahapan seleksi tersebut, Team Weimana dinyatakan berhak untuk lolos ke tahap akhir atau tahap final dan berangkat ke Surabaya. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini