Paduan Suara
Semarak Perayaan HUT Ke-529 Kota Tabanan, Rai Wahyuni Sanjaya Buka Lomba Paduan Suara PKK. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Kemeriahan HUT ke-529 Kota Tabanan tahun ini menyentuh berbagai kalangan dan instansi pemerintah, tidak mau ketinggalan, TP PKK se-Kabupaten Tabanan yang terdiri dari 10 Kecamatan ikut menunjukkan bakatnya melalui lomba paduan suara yang dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, S.H., M.M., dan kala itu juga didampingi oleh Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan, Senin (28/11/2022).

Rangkaian puncak acara HUT Kota Tabanan ke-529 yang mengusung tema Jayaning Singasana tersebut disambut dengan gelora semangat dan sukacita, terlebih saat Gedung I Ketut Maria saat itu nampak tumpah ruah dengan dukungan para ASN di lingkungan pemkab Tabanan. Turut memberikan dukungan langsung saat itu, Wakil Bupati Tabanan, I Made Edi Wirawan, S.E., Sekda beserta Para Asisten Sekda, Para Kepala OPD dan Kabag Setda Kabupaten Tabanan, Para Camat, Ketua DWP Kabupaten Tabanan, Pengurus TP PKK Kabupaten, Ketua TP PKK Kecamatan serta para peserta lomba.

Baca Juga :  Semarak HUT Ke-529 Kota Tabanan, Lomba Karaoke Berpasangan Antar OPD Sukses Hibur Penonton

Bagi Ny. Rai Sanjaya, lomba paduan suara yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya peningkatan kreativitas Kader PKK, di mana lomba ini juga diharapkan mampu meningkatkan atau memupuk kebersamaan dan kekeluargaan antar kader serta sekaligus mensosialisasikan program kerja PKK kepada masyarakat. Sebanyak 10 peserta berisi 21 kader PKK perwakilan dari masing-masing kecamatan di Tabanan, membawakan 2 buah lagu yakni 1 lagu wajib Mars PKK dan 1 Lagu Bali Sebagai Lagu Pilihan.

“Sinergitas dengan berbagai pihak menjadi tantangan bagi TP. PKK Ke depan. Gerak cepat, inovasi dan kreativitas dibutuhkan dalam mengimplementasi 10 program pokok PKK menjadi kegiatan yang manfaatnya dapat dirasakan dan dapat meningkatkan kualitas serta kesejahteraan hidup masyarakat,” papar Ny. Rai Sanjaya dalam sambutannya.

Di mana, pemenang lomba paduan suara pada hari ini akan mewakili Kabupaten Tabanan dalam ajang serupa yang akan dilaksanakan TP PKK Provinsi pada Program Kerja tahun 2023 mendatang.

PKK, sebagai organisasi yang memiliki struktur kelembagaan yang jelas dari tingkat pusat hingga desa, diharapkan dapat menyentuh langsung serta dapat menggerakkan masyarakat, sehingga PKK berperan penting dan strategis dalam membantu pemerintah dalam mensosialisasikan program dan mengimplementasikan pelaksanaan program di tengah masyarakat. Perannya yang penting dalam menggerakkan program unggulan Aku Hatinya PKK dan sosialisasi pengelolaan sampah berbasis sumber dan diikuti dengan percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Tabanan, terbukti efektif dalam perannya, meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Baca Juga :  Bupati Sedana Arta Hadiri Penyerahan Bibit Cabai oleh Bank Indonesia Kepada Ketua TP PKK Kabupaten Bangli

Selaras dengan konsep HUT Kota Tabanan ke-529 Tahun ini, yakni ‘Meliang-liang’, lomba paduan suara PKK yang dilaksanakan hari ini tidak hanya diikuti oleh masyarakat yang tinggal di kota, namun juga melibatkan masyarakat di Desa, sehingga kegembiraan HUT Kota dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Di samping itu, kegiatan ini juga mencerminkan upaya pemberdayaan dan gotong-royong di tengah masyarakat.

“Selain lomba Paduan Suara TP PKK Hari ini, saya yang juga selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Tabanan, berkomitmen memberikan ruang bagi pelaku IKM/UMKM untuk pameran produk secara offline baik itu dalam event skala besar maupun kecil yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tabanan,” ujarnya lebih lanjut.

Baca Juga :  Rai Wahyuni Sanjaya Hadiri Pelatihan dan Penyuluhan Pemberdayaan Perempuan Desa Gubug

Dalam hal ini, sebanyak  20 Stand IKM termasuk Stand Teman-teman disabilitas, Bumdes dan Binaan BLK, 18 stand UMKM Kuliner serta 10 Stand Kopi atau barista terlihat meramaikan stand pameran IKM/UMKM rangkaian HUT Kota Ke-529 yang berlangsung mulai tanggal 25 hingga 29 November 2022, mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam.

Pihaknya berharap, upaya mengikutsertakan IKM dan UMKM dalam kegiatan ini, mampu meningkatkan perekonomian serta berkontribusi terhadap bangkitnya IKM dan UMKM Tabanan pasca pandemi Covid-19. Pemenang Acara lomba paduan suara yang dibuka secara resmi oleh Ny. Rai Wahyuni Sanjaya tersebut dimenangkan oleh Kecamatan Kediri yang meraih juara 1, Selemadeg Timur pada juara 2 dan Kecamatan Pupuan di juara 3.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini