PKK
Putri Koster Hadiri Rakornas TP PKK Tahun 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster secara langsung menghadiri Rapat Koordinasi Nasional TP PKK Tahun 2022, bertempat di JIEXPO Convention Centre, Jakarta, pada Senin (28/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Iriana Joko Widodo secara resmi membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tahun 2022. Dalam sambutannya, Ibu Iriana menyampaikan, penyelenggaraan rakornas dilakukan guna menyelaraskan pencapaian target program agar gerakan PKK makin maju dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Rakornas ini sangat penting untuk menyelaraskan program dan juga pencapaian target-target program yang telah diselenggarakan PKK, membuat gerakan PKK makin maju dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” ujar Ibu Iriana.

Dalam menghadapi krisis pangan yang saat ini terjadi, menurut Ibu Iriana, sejumlah program dapat dilakukan oleh penggerak PKK seperti penguatan kemandirian dan ketahanan pangan keluarga dengan gerakan menanam tanaman yang bermanfaat bagi konsumsi keluarga. Ibu Iriana berharap para anggota PKK dapat terjun langsung ke wilayah masing-masing untuk meninjau pelaksanaan program di lapangan.

Baca Juga :  OJK Bersama Perbankan Dukung Pengembangan Keuangan Berkelanjutan

“Saya berharap untuk penanaman toga (tanaman obat keluarga) juga dilanjutkan kembali karena sekarang adanya pandemi ini tanaman toga sangat bermanfaat bagi kita semuanya,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Ibu Iriana juga mendorong para anggota penggerak PKK untuk dapat menjaga ketahanan dan kesehatan keluarga dengan meningkatkan daya tahan tubuh seperti dengan berolahraga dan menjaga pola makanan sehat. Selain itu, Ibu Iriana juga meminta para anggota PKK membangun solidaritas antar tetangga dengan memperkuat semangat gotong royong.

“Membangun solidaritas dan kepedulian sosial antar tetangga, antar kampung, antar sesama dengan memperkuat semangat saling membantu dan bergotong-royong,” kata Ibu Iriana.

Di samping itu, Ibu Iriana juga mengingatkan pentingnya mengembangkan ketahanan ekonomi keluarga dengan mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan industri rumah tangga. Di bidang teknologi, Ibu Iriana mendorong para anggota penggerak PKK untuk menumbuhkan literasi digital di lingkungan keluarga.

“Juga menumbuhkan literasi digital di keluarga, menyediakan lebih banyak waktu untuk mendampingi putra-putri kita agar mampu beradaptasi dengan cepat dan juga bersikap bijak di era digital,” tambahnya.

Pada akhir sambutannya, Ibu Iriana berharap penyelenggaraan rakornas tersebut menghasilkan gagasan pemikiran yang dapat meningkatkan kapasitas kelembagaan PKK agar tumbuh lebih kuat dan hebat.

Baca Juga :  Pemerintah Berikan Insentif PPnBM Kendaraan Bermotor Listrik

“Semoga rakornas ini berlangsung lancar dan sukses, menghasilkan gagasan-gagasan dan pemikiran maju yang dapat meningkatkan kapasitas kepemimpinan dan kelembagaan PKK agar tumbuh makin kuat, hebat, dan maju,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Ny. Putri Koster didampingi oleh Pengurus PKK Provinsi Bali dan Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung, Gianyar, Buleleng, Jembrana dan Kota Denpasar, serta perwakilan dari Kabupaten Lainnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News