Prof. Retno Kawuri
Prof. Retno Kawuri Ciptakan Produk Biokontrol Penyebab Busuk Daun Lidah Buaya. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Prof. Dr. Dra. Retno Kawuri, M.Phil., dari Program Studi Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Udayana, adalah salah satu peserta dalam SENASTEK IX dan SENASDIMAS I Universitas Udayana 2022 yang dilaksanakan di The Patra Bali Resort & Villas, pada Selasa (29/11/2022).

Prof. Dr. Dra. Retno Kawuri memaparkan hasil penelitian dengan judul ‘Potensi Streptomyces Thermocarboxydus Sebagai Biokontrol Patogen Fusarium Oxysporum Penyebab Busuk Daun Pada tanaman Lidah Buaya’.

“Output ini bermanfaat sebagai biokontrol alami berbahan dasar molase dengan kemampuan menekan penyakit sebesar 70% dibandingkan dengan penggunaan pestisida kimia yang mempunyai dampak negatif pada lingkungan dan hewan non–target, sehingga tanaman lidah buaya bisa terhindar dari serangan busuk daun yang sangat merugikan petani,” terangnya.

Prof. Retno Kawuri juga telah bekerjasama dengan perusahaan yang bergerak pada bidang produksi olahan lidah buaya di Kabupaten Gianyar yang membina petani lidah buaya di 5 Kabupaten di Provinsi Bali, sehingga pengembangan produk biokontrol ini diharapkan mampu menjadi solusi bagi petani lidah buaya agar mampu mengurangi penggunaan pestisida kimia yang berdampak buruk bagi kualitas produk lidah buaya dan meningkatkan persentase produksi yang lebih optimal.

Baca Juga :  Ikatan Alumni Universitas Udayana (IKAYANA) Rayakan HUT ke-48

Melalui event ini, selain memberikan kesempatan bagi Prof. Retno Kawuri untuk memaparkan penelitian yang sedang dijalankan, Prof. Retno Kawuri juga mampu mendapatkan kesempatan bertukar ilmu dan sharing informasi terbaru mengenai penelitian–penelitian menarik lainnya. Disamping itu, dapat juga dilakukan eksplorasi ide–ide penelitian inovatif melalui pemaparan dari para presenter lain, sehingga beliau sendiri sangat antusias dan menyambut hangat pelaksanaan kegiatan SENASTEK IX dan SENASDIMAS I Universitas Udayana tahun 2022. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini