Amna Hartiati
Amna Hartiati : Sukacita SENASTEK dan Senasdimas Offline Pasca Pandemi Covid –19. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SENASTEK) IX dan Seminar Nasional Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (SENASDIMAS) I Universitas Udayana yang dilaksanakan pada 29–30 November 2022, merupakan bagian dari Simposium Nasional Riset dan Abdimas Inovatif Berkelanjutan Tahun 2022 dengan mengangkat tema Riset dan Pengabdian Inovatif Berkelanjutan Menuju Universitas Udayana Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. Dr. Ir. Amna Hartiati, M.P., sebagai salah satu peserta dalam kegiatan ini berkesempatan untuk mempresentasikan penelitiannya yang berjudul ‘Pengaruh Konsentrasi Polivinil Alkohol Pada Komposit Pati Talas Dan Poliasakarida Lain Sebagai Bahan Kemasan Ramah Lingkungan’ di Ruang Denpasar 5 The Patra Bali Resort & Villas.

Baca Juga :  Prof. Retno Kawuri Ciptakan Produk Biokontrol Penyebab Busuk Daun Lidah Buaya

Dr. Amna Hartiati memaparkan bahwa, saat ini sangat marak penggunaan kemasan plastik sintetis yang tidak ramah lingkungan  dan mampu mempengaruhi kesehatan lingkungan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Oleh karenanya melalui penelitian yang beliau kembangkan saat ini terkait bioplastik dari pati talas yang telah memiliki daya urai selama 8 hari seusai dipakai, diharapkan mampu menjadi solusi bagi pengaruh buruk kemasan plastik sintetis bagi lingkungan dan secara berkala mampu menurunkan jumlah sisa sampah kemasan plastik yang sangat sulit terurai bahkan sampai ratusan tahun.

Produk bioplastik dalam penelitian ini masih dalam tahap pengembangan lanjutan dengan mengoptimalkan tingkat perpanjangan saat putus pada bioplastik serta tingkat higroskopis bioplastik terhadap benda yang dikemas di dalamnya.

Baca Juga :  Lindawati Doloksaribu Ikuti SENASTEK Sejak 2018

Selain itu Dr. Ir. Amna Hartiati, M.P., juga menyampaikan beliau sangat berkesan karena ini merupakan pertama kalinya kegiatan ini dilaksanakan secara offline setelah dua tahun dilaksanakan secara online karena pandemi Covid-19, sehingga dalam momen istimewa ini, selain memaparkan penelitian yang sedang dijalankan, beliau juga bisa bersua cita bersama rekan–rekan seperjuangan sembari sharing mengenai penelitian–penelitian terkait.

Beliau juga berharap agar kegiatan ini bisa terus dilaksanakan secara berkala bahkan bisa ditingkatkan lagi khususnya mengenai hak paten penelitian. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini