lppm unud
Prof Dwi Putra Darmawan Sebut Senastek Pertama Pasca Covid-19 yang Sangat Menggairahkan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Prof. Dr. Ir. Dwi Putra Darmawan, M.P., merupakan seorang Dosen Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Unversitas Udayana yang merupakan lulusan S3 Universitas Gadjah Mada, mengikuti kegiatan Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SENASTEK) pada Selasa (29/11/2022).

Kegiatan SENASTEK ini merupakan bagian dari kegiatan Simposium Nasional Riset dan ABDIMAS Inovatif Berkelanjutan 2022 yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNUD. Prof. Dwi mempresentasikan hasil temuan penelitiannya yang berjudul ‘Motivasi dan Hambatan Petani untuk tetap Berusaha Tani di Kota Denpasar’ di Ruang Presentasi Denpasar Room 4 pada pukul 14.00 WITA.

Baca Juga :  Jaga Soliditas, Keluarga Mahasiswa Fapet Unud Gelar Sidang Umum Keluarga Mahasiswa

Terdapat tiga temuan penelitian yang didapatkan oleh Prof. Dwi, temuan pertama mengenai jumlah tanggungan keluarga petani lebih dari 6 anak, kemudian terdapat temuan bahwa anak petani yang sudah bekerja tetap ditanggung oleh orang tuanya. Adapun luas usaha tani yang diamati yaitu seluas 21 sampai dengan 60 are.

“Temuan yang kedua yaitu, motivasi untuk berusahatani disebabkan oleh tuntutan untuk bekerja, tidak memiliki pekerjaan lain, lingkungan kerja yang sehat, kemampuan mengambil pelajaran dari pengalaman usaha tani pada musim sebelumnya, serta senang bekerja di alam,” terangnya.

Baca Juga :  Selesaikan Program Magang, Petani Muda Keren P4S Mimba Farm Lepas Mahasiswa FTP Unud

Kemudian, temuan penelitian yang ketiga yaitu berupa hambatan yang dialami dalam bentuk posisi tawar, informasi pasar, dan daya serap pasar.

Prof. Dwi menyatakan bahwa manfaat dari penelitian ini khususnya untuk Pemerintah Daerah yaitu mampu mencarikan alternatif solusi karena berdasarkan pengamatan di lapangan, petani tidak memiliki posisi tawar. Selanjutnya, manfaat untuk ilmu pengetahuan yaitu sebagai bahan kajian karena hasil-hasil ini akan dipublikasikan.

Saat ditemui pada lokasi SENASTEK yang dilaksanakan di The Patra Hotel & Resort, Prof. Dwi menyatakan bahwa kegiatan SENASTEK kali ini sangat menggairahkan dan sangat menyenangkan dikarenakan merupakan kegiatan SENASTEK pertama kali pasca COVID-19. Prof. Dwi juga menambahkan bahwa beliau selalu mengikuti kegiatan SENASTEK sepanjang kegiatan SENASTEK yang dilaksanakan oleh Universitas Udayana. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini