Sulastri
Sulastri Berharap Hasil Deseminasi dapat Disebarkan Seluas-luasnya. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – I Nyoman Sulastri, S.TP., M.Agr., Ph.D merupakan Dosen Prodi Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana. Sulastri, Ph.D yang merupakan alumni Oklahoma State University, Amerika Serikat turut berpartisipasi dalam kegiatan SENASTEK yang merupakan bagian dari kegiatan Simposium Nasional Riset dan ABDIMAS Inovatif Universitas Udayana Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNUD.

Adapun judul penelitian yang dibawakan Sulastri, Ph.D pada kegiatan SENASTEK ini yaitu ‘Rancang Bangun Alat Monitoring Debit Saluran Irigasi Berbasis IOT di Daerah Irigasi Tungkub, Tabanan, Bali’. Penelitian ini fokus pada pencatatan data debit air irigasi secara otomatis berbasis IOT.

Baca Juga :  Sediakan Wadah Mahasiswa Untuk Berinovasi, HIMATETA FTP Unud Laksanakan "Scientific Champion 2022"

Adapun temuan penelitian yang didapatkan oleh Sulastri, Ph.D. yaitu berupa teknologi tepat guna yang dapat dipakai oleh petani maupun pencatat Bendungan. Dengan teknologi tersebut, petani maupun pencatat Bendung tidak perlu lagi mencatat secara manual karena pencatatan secara manual menyebabkan banyak ketidakakuratan data.

“Mengingat distribusi air irigasi akan sangat menunjang hasil panen, maka manfaat yang didapatkan bagi masyarakat dengan adanya penelitian ini yaitu pencatatan debit air irigasi yang terorganisir dan teratur dapat digunakan sebagai perencanaan di musim kering saat panen, sehingga nanti distribusi air dapat dilakukan secara efektif dan efisien,” terangnya.

Baca Juga :  Dekan Fisip Unud Harapkan Peningkatan Kinerja Berbasis Indikator Kinerja Utama

Selain itu, manfaat ini juga bermanfaat bagi ilmu pengetahuan berupa adanya multidisipliner bidang ilmu, sebagai contoh bagian dari pertanian bisa mengaplikasikan teknologi yang berkembang saat ini seperti IOT dan sensor, sehingga pertanian dapat bertransformasi ke arah yang lebih baik.

Sulastri, Ph.D., mengaku bahwa ini merupakan SENASTEK pertama yang diikuti sejak selesai melaksankan tugas belajar di Amerika Serikat. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini