MoU
Pemkab Tabanan dan Pemkot Denpasar Teken Mou Tentang Distribusi dan Pemasaran Pangan Serta Pengembangan Potensi Daerah. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Sebagai bukti sinergitas yang terpadu antar kota dalam pembangunan Bali Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., tanda tangan MoU Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Tabanan dan Pemerintah Kota Denpasar tentang Distribusi dan Pemasaran Pangan Serta Pengembangan Potensi Daerah yang berlangsung di kantor Wali Kota Denpasar, Rabu (2/11/2022).

Kesepakatan bersama tersebut ditandatangani langsung oleh Bupati Sanjaya selaku pihak pertama dan Wali Kota Jaya Negara selaku pihak kedua. Acara tersebut juga nampak dihadiri oleh Sekda Tabanan, Asisten 2, para Perangkat Daerah Kota Denpasar dan Kabupaten Tabanan, serta Dirut Perumda Sewaka Dharma dan Perumda Dharma Santika beserta jajaran.

Penandatanganan kesepakatan tersebut guna mewujudkan keterpaduan yang sinergis dan saling membantu dalam distribusi dan pemasaran pangan serta pengembangan potensi daerah sejalan dengan spirit Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana. Serta memiliki tujuan untuk mempercepat distribusi dan pemasaran pangan serta sebagai langkah penyelesaian hambatan dan permasalahan dalam rangka perencanaan, pengendalian dan pencapaian sasaran inflasi yang ditetapkan oleh pemerintah.

Tentunya objek kesepakatan bersama yang disetujui ini meliputi komoditas unggulan pertanian, peternakan, perikanan dan turunannya yang ada di Kabupaten Tabanan dan Kota Denpasar, serta objek-objek lain yang nantinya dapat dikembangkan sesuai dengan potensi daerah. Dalam kesempatan ini, Bupati Sanjaya ungkapkan syukur dan bahagianya sebab hari ini menjadi penanda spirit pola pembangunan semesta berencana berhasil diwujudkan.

Baca Juga :  Rai Mantra Dinobatkan Sebagai Walikota Entrepreneur Award 2018

“Bagi saya ini tentu sebuah lompatan yang besar, karena kita berhasil mewujud nyatakan konsep menjadi kenyataan, terlebih selama ini bumi Tabanan sebagai daerah agraris memang berfungsi sebagai penyangga perkotaan,” ujarnya.

Harapan besar juga dsiampaikannya agar komoditi yang dikerjasamakan akan terus bertambah dari waktu ke waktu, mengingat sebagai daerah agraris, Kabupaten Tabanan akan selalu berlimpah hasil pangan yang harus dicarikan akses pasar yang lebih luas.

Mewakili Pemerintah Daerah pihaknya juga menyatakan dukungan dan komitmennya untuk menjaga kesepakatan bersama ini. Dimana, bentuk dukungan itu adalah dengan mendorong kerja sama lebih lanjut dan yang terpenting adalah dengan menjaga jaminan kualitas produk serta kesinambungan produksi.

“Untuk melaksanakan upaya ini, tentu kami sangat membutuhkan komitmen semua pihak, khususnya pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) termasuk BUMD yaitu dalam menjaga kualitas produk unggulan Tabanan serta senantiasa merevitalisasi produk mengikuti perkembangan agro teknologi agar memiliki daya saing sesuai era pasar global,” jelas Sanjaya.

Ruang lingkup dalam kesepakatan ini salah satunya juga termasuk untuk memperkuat sistem yang telah terbangun melalui Tim Pengendalian inflasi Daerah (TPID) serta memantapkan aksesabilitas produk pangan dan turunannya bagi masyarakat sebagai wujud ketahanan pangan masyarakat.

Baca Juga :  Rai Mantra Beri Dukungan Terciptanya Peneliti Muda Baru Denpasar

“Dengan adanya MoU ini merupakan langkah positif dan konkrit di mana juga bagian daripada menjalankan sebuah program pola pembangunan semesta berencana, antar kabupaten bisa saling dukung dan membantu apa yang menjadi komoditas masing-masing,” imbuhnya lebih lanjut.

Imbas dari kerjasama ini juga diharapkan mampu menjadi antisipasi dalam mengatasi permasalahan inflasi yang sedang melanda di Bali.

“Salah satu yang menjadi antensi, baru kelas medium yang indikator kondisinya sedikit meningkat, dan malah di Bali petanya kuning untuk inflasi, maka di kesempatan ini saya mohon dukungan Bapak Bupati, semoga dengan adanya penandatanganan ini, mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan terutama masalah beras dari Kabupaten Tabanan,” pungkas Jaya Negara dalam sambutannya siang itu.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini