lppm unud
LPPM Unud Dukung Pemberdayaan UMKM dan Bumdes di Desa Sidan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana (LPPM UNUD) menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertema ‘Bangkitkan Gairah Pengembangan Desa Wisata Berbasis Masyarakat Dalam Wujudkan Tata Kelola dan Ekonomi Cerdas’, dalam rangka pelaksanaan Program Udayana Untuk Masyarakat (PUMA) bertempat di Kissidan Eco Heal & Retreat di Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar pada Senin (14/11/2022).

Turut hadir Ketua dan Sekertaris LPPM UNUD, Kabid Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Kabupaten Gianyar, Perbekel Desa Sidan, tiga orang narasumber yang terdiri dari akademisi, praktisi dan wirausahawan/entrepreneur, pelaku UMKM dan Kelompok Masyarakat Sadar Wisata (POKDARWIS) di Desa Sidan.

Baca Juga :  Sosialisasi SP3 Dana PNBP 2022, LPPM Unud Tekankan Kewajiban Peneliti dan Pengabdi pada Luaran Beserta Sanksinya

Entrepreneur sekaligus Rektor Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, I Dewa Made Krishna Muku, ST., MT., berkesempatan untuk sharing pengalaman dan pengetahuan tentang digital marketing kepada pelaku UMKM dan BUMDes di Desa Sidan.

“Tujuannya adalah untuk memotivasi dan memberikan teknik–teknik sederhana yang bisa diterapkan, sehingga UMKM dan BUMDes dapat melakukan kegiatan marketing secara digital,” ucapnya.

Menurut narasumber, masih terdapat kesalahpahaman tentang digital marketing, mereka sadar bahwa harus digital, namun digital dalam artian harus memiliki akun sosial media seperti Instagram atau Tik Tok dan berjualan di marketplace.

Pebisnis adalah seseorang yang berpikir jangka panjang, selalu berkomunikasi dengan konsumen/calon konsumen hingga menjadi pelanggan, membangun kepercayaan, maka dari itu yang diperlukan adalah sebenarnya adalah bagaimana caranya agar dapat terus berhubungan dengan konsumen dan menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian produk secara terus menerus/berulang. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini