lomba bunga kasna
Ketua Dekranasda Provinsi Bali Buka Lomba Rangkai Bunga Kasna. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Ny. Putri Koster, membuka Lomba Merangkai Bunga Kasna bertempat di Discovery Shopping Mall Kartika Plaza Kuta pada Minggu (6/11/2022). Lomba ini merupakan rangkaian dari Bali Jagadhita Culture Week III 2022 yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh Bank Indonesia sejak tahun 2020.

Akrab disapa Bunda Putri, Ketua Dekranasda Bali sangat peduli dengan pengembangan potensi Bunga Kasna di Bali. Ia mengaku senang karena Bank Indonesia dapat mengangkat sesuatu yang sudah lama terlintas olehnya yaitu mengembangkan potensi bunga kasna di Bali untuk mensejahterakan petani Kasna.

“Keinginan besarnya adalah kesejahteraan petani. Kan adanya disitu langka, hanya ada di Kabupaten Karangasem dan di hanya Dusun Temukus,” ungkap Bunda Putri.

Ia menginginkan agar potensi Bunga Kasna ini dapat dikelola dengan baik dari hulu hingga hilirnya.

Baca Juga :  Mahasiswa UGM Olah Daun Sukun Jadi Teh Obat Ginjal

“Bagaimana jika hilirnya kita garap beramai-ramai, ketika permintaan pasarnya menjadi tinggi di tengah kita jaga dengan institusi atau lembaga yang memang mengawal menjadi stabilizer sejenis koperasi sehingga petani aman,” ungkapnya di sela-sela meninjau pameran UMKM binaan BI.

Jika hulu, tengah dan hilirnya telah tertata dengan baik maka petani pasti akan sejahtera, jangan sampai terjadi tumpang tindih. Disamping itu Bunda Putri dalam sambutannya menyampaikan bahwa ia sedang memperjuangkan agar Bunga Kasna dapat masuk dalam pararem awig-awig Desa Adat.

Baca Juga :  Fakultas Biologi UGM Peringati Hari Kartini

“Satu yang masih ibu perjuangkan adalah kasna masuk ke dalam perarem, masuk ke dalam awig-awig desa adat,” ungkap pendamping orang nomor satu Bali tersebut.

Ia berharap dalam perarem atau awig-awig adat nantinya dapat mengatur bahwa masyarakat khususnya masyarakat Karangasem ketika membuat sarana upacara harus mengisi sepucuk bunga kasna yang berfungsi untuk mengesahkan upakara tersebut.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Gusti Agung Diah Utari yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa lomba merangkai bunga kasna yang merupakan bagian dari event Bali Jagadhita merupakan salah satu upaya Bank Indonesia untuk berkontribusi membuat UMKM Bali menjadi naik kelas.

Baca Juga :  Mahasiswa UGM Juara Kompetisi Pajak di Singapura

“Jadi kita upayakan dengan melakukan promosi juga mendorong perluasan pasar baik domestik maupun global,” ungkapnya.

Bunda Putri berharap dengan adanya lomba merangkai bunga kasna ini, bunga kasna akan menjadi semakin digemari, semakin dilihat dan dilirik potensinya oleh masyarakat.

“Ketika masyarakat sudah memakai, pasarnya pasti akan meningkat sehingga petaninya pasti akan menggeliat,” jelas Bunda Putri.

Diikuti oleh 25 peserta, lomba merangkai bunga kasna secara resmi dibuka oleh Ketua Dekranasda Provinsi Bali ditandai dengan penyerahan rangkaian bunga kasna kepada perwakilan peserta lomba.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini