Ontel
Gowes Sepeda Ontel, Bupati Sanjaya Satukan Seluruh Elemen Masyarakat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Salah satu bentuk penghargaan serta rasa cinta terhadap tanah kelahiran ditunjukkan oleh Bupati Tabanan, Dr. Komang Gede Sanjaya, SE., MM., dengan bersepeda menngendarai sepeda ontel keliling kota bersama Komunitas Ontel Tabanan, Minggu (13/11/2022) pagi.

Bupati Sanjaya menggunakan sepeda ontel dari kantor Bupati menuju Gedung Kesenian I Ketut Maria didampingi Kepala OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, sekaligus menghadiri serta membuka kegiatan lomba Senam Sicita rangkaian semarak perayaan HUT ke-529 Kota Tabanan, Jayaning Singasana.

“Tepuk tangan untuk Komunitas Sepeda Ontel, tadi saya didorong naik sepeda ontel dari kantor Bupati sampai disini. Lumayan masih berkeringat, betul-betul berkeringat, bagaimana asyiknya menaikki sepeda ontel,” ujar Sanjaya saat memberikan sambutan dalam kegiatan lomba Senam Sicita dirangkaikan dengan pameran sepeda ontel di Gedung Maria Tabanan.

Apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya disampaikan Bupati Sanjaya kepada seluruh pihak terkait atas terselenggaranya kegiatan ini. Ketika itu, Sanjaya turut didampingi Sekda para Asisten dan OPD serta para Camat di lingkungan Pemkab Tabanan, Ketua beserta anggota Komunitas Sepeda Ontel Tabanan, senantiasa memberikan dukungan kepada peserta lomba Senam Sicita.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Puji Ngaben Bersama di Desa Adat Tuka dan Kukub

“Sebagaimana yang saya sampaikan, bahwa HUT Kota Tabanan tahun ini mengusung semangat gotong-royong dan melibatkan masyarakat maupun komunitas secara lebih luas. Hal ini dimaksudkan untuk menjadikan HUT Kota Tabanan pasca pandemi, sebagai perayaan seluruh masyarakat Tabanan,” tegas Sanjaya.

Dan terbukti pada pagi ini, lomba senam Sicita dan pameran sepeda ontel mampu menarik antusias masyarakat. Disisi lain, melalui olahraga khususnya senam dan bersepeda tidak hanya membuat sehat, tetapi juga mampu menyegarkan ingatan dan juga pikiran, sehingga semakin paham akan sebuah nilai-nilai kebangsaan yang menyatukan seluruh komponen masyarakat.

Baca Juga :  Kompak Membangun Desa, Bupati Sanjaya Bangga Semangat Krama Desa Beringkit

Disamping itu, Sanjaya juga menegaskan, bahwa romantisme masa lalu dan juga semangat juang pendahulu sangat perlu diingat untuk lebih memahami arti perjuangan. Tidak selamanya masa lalu harus diabaikan, tetapi pada dasarnya juga dapat menjadi landasan melangkah untuk masa depan.

“Inilah salah satu point penting yang coba kita angkat di HUT Kota tahun ini, bahwa peringatan yang kita lakukan bukan untuk kembali ke masa lalu, tetapi sebagai sebuah cermin bagaimana hebatnya leluhur kita pada masa itu yang telah berhasil membangun sebuah tatanan sosial dan hasil karya yang menakjubkan,” imbuh Sanjaya.

Politisi asal Banjar Dauh Pala Tabanan itu, juga tiada henti-hentinya meminta kepada hadirin untuk ikut serta mensosialisasikan dan menggaungkan nama Kota, yaitu Singasana dan sejarah yang mengiringinya.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Terima Penghargaan Gugus Tugas GNRM dari Kemendagri

“Gaungkan terus semangat bangga sebagai orang Tabanan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Kalau bukan kita, siapa lagi. Kalau bukan sekarang, kapan lagi,” pinta Sanjaya.

Sesuai laporan Ketua Panitia Acara I Gede Urip Gunawan, bahwa kegiatan senam Sicita rangkaian Perayaan HUT Kota ini diikuti oleh sekitar 20 tim, dimana 2 tim mewakili tiap Kecamatan yang setiap timnya terdiri dari 10 Orang Guru SD dan Guru SMP di Kecamatan setempat. Sedangkan komunitas sepeda ontel yang turut berpartisipasi sebanyak 6 Komunitas.

Adapun di sela-sela kegiatan, Bupati Sanjaya bersama Sekda mengikuti lelang sepeda ontel dan hasilnya diserahkan kepada panitia untuk dijadikan doorprize atau hadiah hiburan. Untuk memastikan hal tersebut, Bupati Sanjaya turut dalam pengundian serta menyerahkan hadiah berupa sebuah sepeda ontel kepada pemenang undian doorprize.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini