ftp unud
FTP Udayana Selenggarakan Seminar Nasional. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana (FTP Unud) telah menyelenggarakan Seminar Nasional Fakultas Teknologi Pertanian dan Pameran Produk Inovasi dalam rangka HUT ke 38 dan BK ke 28 pada Tanggal 14-15 Oktober 2022 di Aula Gedung Pascasarjana Lantai 3 Kampus Sudirman-Denpasar yang mengusung tema ‘Inovasi Teknologi Pertanian Dalam Mewujudkan Kemandirian Pangan Nasional Yang Berkelanjutan Di Era Society 5.0’.

Kegiatan berlangsung selama 2 hari yang diikuti oleh 100 Peserta Oral Presenter dari berbagai Universitas di Indonesia. Presentasi dibagi menjadi beberapa Skema yaitu Pertanian dan Pengembangan Produk berwawasan Lingkungan, Smart Farming, Rekayasa Hasil Pertanian, Pangan dan Kesehatan, Rantai Pasok dan Nilai Hasil Pertanian, dan Peningkatan nilai tambah pada hasil samping pertanian.

Selain itu juga terdapat lomba poster untuk kategori mahasiswa dan Pameran Produk Inovasi teknologi pertanian baik pangan maupun non pangan. Peserta pameran merupakan hasil produk inovasi dari mahasiswa, dosen, UKM atau industri di bidang pangan maupun non pangan.

Kegiatan Seminar Nasional dibuka langsung oleh Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU., yang ditandai dengan pemukulan gong. Dilanjutkan dengan menghadirkan Keynote Speaker yaitu Wakil Gubernur Bali, Prof. Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si.

Baca Juga :  Pembukaan Program Penguatan Kapasitas Ormawa Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan

Wagub Bali yang akrab disapa Bapak Tjok Ace menyampaikan bahwa inovasi Teknologi Pertanian diperlukan agar Bali tidak hanya bertumpu pada pariwisata dan anak-anak muda Bali berminat menekuni pertanian yg modern.

Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M. Eng. IPU. sangat mengapresiasi dengan kegiatan yang dilaksanakan, beliau juga menyampaikan akan mengupayakan fasilitas Gedung untuk Fakultas Teknologi Pertanian di tahun 2023 agar dapat memusatkan kegiatan belajar mengajar dan kegiatan lainnya di Universitas Udayana Bukit Jimbaran.

“Serta berharap seluruh program studi di Fakultas Teknologi Pertanian dapat meraih akreditasi Unggul dan terakreditasi secara internasional,” pungkas Prof. Antara.

Setelah pembukaan seminar, seluruh undangan diarahkan menuju Ruang Terbuka Hijau Universitas Udayana untuk membuka Pameran Produk Inovasi Fakultas Teknologi Pertanian. Kegiatan Pameran dibuka secara resmi yang ditandai dengan pemotongan pita oleh Wakil Gubernur Bali, Rektor Universitas Udayana, Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana dan Ketua DWP Universitas Udayana Ibu Dayu Bulan Antara. Pameran menyajikan produk-produk inovasi dari mahasiswa dan juga dosen Fakultas Teknologi Pertanian dan juga UKM yang turut mendukung.

Baca Juga :  Mahasiswa FH UNUD Meraih Juara pada Cabor Dancesport Porprov Bali XV Tahun 2022

Pada seminar hari pertama, disiapkan sesi untuk mahasiswa dengan menghadirkan pembicara Ida Bagus Dharma Yoga Santosa, S.TP., M.Si., dari PT. Coca Cola dan Rully Alfiansyah dari PT. Nutrifood Indonesia yang berbagi tentang Overview pengembangan produk dan Enterpreneur Mindset in Agro Industry.

Pada Hari kedua menghadirkan 5 keynote speaker yang sangat ahli di bidang Teknologi Pertanian yang terdiri dari Prof. Christofora Hanny Wijaya dari Institut Pertanian Bogor yang membawakan materi terkait Meneropong Potensi Peran Pangan Fungsional dalam Menjawab Kemandirian Pangan Nasional yang Berkelanjutan, Prof. Drs. Gede Bayu Suparta, M.S., Ph.D., dari Universitas Gadjah Mada yang membawakan materi terkait Penguatan Teknologi Pendukung Inovasi Teknologi Pertanian, Prof. Dr. Ir. Hadikaria Purwadaria, IPm yang membawakan materi terkait Inovasi : Hasil Ristek menjadi Produk Komersial, Dr. Ansar, S.Pd., M.P., M.Pd., dari Universitas Mataram yang membawakan materi terkait Optimalisasi Alsintan Untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan di Indonesia dan Dr. M. Fuad F. Mu’tamar, S.TP., M.Si., IPM., dari Universitas Trunojoyo Madura yang membawakan materi terkait Inovasi Teknologi Pertanian Berbasis Potensi Lokal Untuk Peningkatan Kemandirian Pangan.

Baca Juga :  Dekan FIB Gelar Koordinasi Kontrak Kinerja Dekan Tahun Anggaran 2022

Selain itu diumumkan pula pemenang lomba poster pada kegiatan Seminar Nasional FTP Udayana tahun 2022 yaitu Fransiska Felicia Handoko, Maureen Avelline dan Rachel Meiliawati Yoshari yang berasal dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dengan judul poster yaitu Inovasi Tepung Tempe Kacang Koro Pedang (Canavalia ensiformis) sebagai Pangan Lokal Sehat untuk Mendukung Ketercapaian Kemandirian Pangan Indonesia dan dilanjutkan dengan oral presentation yang dibagi menjadi 6 breakout room sesuai dengan skema masing-masing riset. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini