fkh unud
FKH UNUD Gelar Seminar Nasional PMK Sebagai Sinergi Menyukseskan Pencegahan PMK di Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangkaian HUT Badan Kekeluargaan Kedokteran Hewan (BKKH) ke-39, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana menyelenggarakan Seminar Nasional Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Sabtu (29/10/2022).

Seminar Nasional terselenggara dalam tema ‘Menilik Potensi Dalam Membangun Sinergitas Antar Insan Veteriner dan Masyarakat Untuk Mencapai Asa Indonesia Bebas PMK’. Kegiatan seminar nasional ini dihadiri oleh 200 peserta dari seluruh Indonesia yang Sebagian besar merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan di Indonesia.

Kegiatan berlangsung di Ruang Sidang lantai 1 Gedung FKH Sudirman serta secara online melalui cisco webex meeting dengan menghadirkan dua pembicara. Seminar diawali dengan sambutan dan pembukaan oleh Dekan FKH Unud, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suartha, M.Si. Pembicara pertama yaitu, Prof. Dr. drh. I Gusti Ngurah Kade Mahardika memaparkan materi mengenai Introduksi Baru Virus Penyakit Mulut dan Kuku ke Indonesia: “What Should Have Done” dan peluang.

“Dengan diselenggarakannya seminar nasional ini, FKH Unud berharap agar masyarakat dapat memahami urgensi PMK pada hewan ternak. Selain itu, mahasiswa selaku calon dokter hewan mampu menjadi jembatan informasi kepada masyarakat mengenai penyakit PMK,” ucap Prof. Suartha.

Baca Juga :  FK Unud Bekali Peserta Didik Program Spesialis dengan Pelatihan Clinical Teacher

Sesi selanjutnya oleh pembicara kedua, drh. I Nyoman Oka Widiarta, M.Si., membahas mengenai Penanganan dan Pengalaman Penanggulangan PMK di lapangan. Masing-masing materi berlangsung selama 60 menit dengan 15 menit sesi diskusi.

Kedua pembicara turut memberikan pemahaman dalam bentuk kajian yang telah disederhanakan agar dapat mempermudahan pemahaman secara langsung oleh para peserta, sehingga nantinya dapat menambah wawasan terhadap Virus PMK yang belum diketahui oleh sebagian besar masyarakat. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini