fakultas teknik unud
Disertasi Berjudul Pemodelan Turbin Fish-Ridge pada Oscillating Water Column Antarkan Nurul Hiron meraih Gelar Doktor. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Studi Doktor Ilmu Teknik (PSDIT) Fakultas Teknik Universitas Udayana pada Senin (7/11/2022), bertempat di Ruang Aula Wiswakarma Universitas Udayana, melaksanakan ujian terbuka (promosi Doktor) yang ke-46. Promovendus atas nama Nurul Hiron dengan judul disertasi Pemodelan Turbin Fish-Ridge Pada Oscillating Water Column (OWC) Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang. Promovendus dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Dr. Nurul Hiron, ST., MM., M.Eng., dalam paparannya menyampaikan bahwa teknik konversi energi gelombang laut salah satunya menggunakan teknologi Oscillating Water Column (OWC), tetapi saat ini OWC dibangun hanya untuk gelombang tinggi, sementara pada gelombang rendah sejauh ini tidak menjadi perhatian dikarenakan membutuhkan desain turbin yang khusus.

Baca Juga :  1st Internasional Education and Culture Festival Udayana University 2021

“Tujuan penelitian ini mengusulkan solusi untuk konversi energi dari gelombang laut yang rendah menjadi energi listrik menggunakan OWC dengan implementasi turbin fish-ridge. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja turbin fish-ridge pada system OWC menghasilkan daya sebesar 253 watt energi pada chamber, dan hanya70 watt atau 28% yang dapat diserap oleh turbin sebagai energi kinetik yang dapat dimanfaatkan memutarkan turbin listrik,” jelasnya. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini