Imigrasi
Para wisatawan asing yang turun dari Kapal Pesiar MS Regatta setelah selesai melakukan pemeriksaan dari Imigrasi Singaraja. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Bersamaan dengan digelarnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali 2022. Sebuah kapal pesiar MS Regatta berlabuh di Pelabuhan Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak pada Selasa (15/11/2022). Kedatangan kapal yang memuat sekitar 338 Wisatawan Asing tersebut dimanfaatkan Imigrasi Singaraja untuk memberikan pelayanan program ‘Immigration On Shipping’ atau pemeriksaan keimigrasian terhadap seluruh wisatawan yang berada di kapal.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja, Nanang Mustofa menyampaikan program ini memberikan kemudahan dan kelancaran proses pemeriksaan keimigrasian kepada para wisatawan mancanegara yang masuk dan keluar Wilayah Indonesia menggunakan cruise. Dimana pemeriksaan dilaksanakan di atas alat angkut sebelum wisatawan tiba di pelabuhan.

Baca Juga :  Berkomitmen Sukseskan Puncak Presidensi G20 di Bali, IOH Tingkatkan Pengalaman Pengguna 5G dengan Teknologi Hijau Bali

“Ini untuk mendukung kebijakan Direktorat Jenderal Imigrasi dalam rangka memberikan pelayanan keimigrasian. Dengan program ini, wisatawan tidak perlu lagi mengantre untuk menjalani proses pemeriksaan keimigrasian di pelabuhan,” jelas Nanang saat dikonfirmasi Selasa (15/11/2022).

Sebelumnya, Kapal MS Regatta berangkat dari Darwin, Australia dan tiba di Kupang, Indonesia Sabtu (12/11/2022). Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke beberapa tempat Wisata di Indonesia seperti Labuan Bajo, Lombok, dan Bali.

Setibanya di pelabuhan Celukan Bawang, Bali, para wisatawan tersebut akan diajak untuk mengikuti kegiatan tour ke beberapa spot wisata di wilayah Bali Utara seperti Pelabuhan Tua Buleleng, Pura Beji Sangsit, Pura Dalem Jagaraga, melakukan aktivitas trekking di Plataran, dan kembali ke kapal untuk meninggalkan wilayah Indonesia menuju Malaysia Kamis (16/11/2022) sekitar pukul 16.00 WITA.

“Setelah diperiksa seluruhnya aman dan mereka (Wisatawan) akan diajak berkeliling dulu sebelum besok (Rabu) kembali melanjutkan perjalanan menuju Malaysia,” terang Nanang.(dar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini