bank sampah
Aktif Gelar Penimbangan Sampah, Bank Sampah Dahlia Berhasil Kumpulkan Ratusan Kilogram Sampah. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dari 8 bank sampah di wilayah Kelurahan Peguyangan, Bank Sampah Dahlia Banjar Benaya termasuk yang aktif di antaranya. Seperti yang terlihat pada Minggu (20/11/2022) pagi, Bank Sampah Dahlia menggelar kegiatan penimbangan sampah untuk warganya. Tercatat sebanyak 239,7 Kg sampah berhasil terkumpul.

Lurah Peguyangan, I Gede Sudi Arcana mengatakan, kegiatan pada Minggu pagi merupakan agenda rutin yang dilakukan bank sampah tersebut.

“Di Kelurahan Peguyangan, kami memiliki 8 bank sampah. Bank Dahlia termasuk di antaranya yang aktif dan rajin menggelar kegiatan penimbangan sampah. Agenda ini sendiri merupakan kegiatan rutin yang biasanya dilakukan setiap minggu kedua atau ketiga setiap bulannya,” jelas Gede Arcana.

Warga setempat menurut Gede Arcana memiliki ‘buku tabungan’ yang mencatat setiap hasil penimbangan sampah.

Baca Juga :  52 Pejabat Eslon II Pemkot Denpasar Ikuti uji Kompetensi

“Setiap hasil penimbangan sampah, akan dicatat pada buku tabungan tersebut. Dimana warga biasanya akan menarik atau mencairkan tabungan tersebut setiap hari raya Galungan,” kara Gede Arcana.

Hal ini lanjut Gede Arcana tentu memberi dampak positif bagi warga, dimana sampah yang dikumpulkan oleh warga memiliki nilai ekonomis.

“Ini sekaligus edukasi pada warga, bahwa mengelola sampah bisa dilakukan sejak di skala rumah tangga, dengan cara memilah sampah. Mari, budayakan memilah sampah sejak dari rumah,” pungkasnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini